Mengenal Jenis Plastik Akrilik

mengenal akrilik plastik

Informasi Mengenai Plastik Akrilik – Industri plastik menghasilkan banyak jenis kelas bijih plastik untuk kepentingan umum, salah satunya adalah Plastik Akrilik. Produk olahan dari bijih plastik dapat berupa perkakas, kerajinan atau proteksi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak informasi tentang plastik akrilik berikut ini.

 

Definisi Plastik Akrilik

 

Merupakan produk olahan bijih plastik pilihan yang bahan dasarnya adalah acrylic polymethyl methacrylate, thermoplastic, atau yang biasa kita sebut dengan plastik tahan panas. Kekuatan akrilik tidak perlu diragukan lagi, karena akrilik memiliki ketahanan panas hingga 160 derajat Celcius. 

 

Pada dasarnya akrilik sangat kuat untuk berbagai keperluan seperti souvenir karena tidak akan meleleh pada suhu 100 derajat kecuali ada elemen perapian yang disengaja seperti laser. Bening mirip kaca tapi tidak pecah, bisa dibentuk sesuai keinginan. Jika bahan kaca yang terbentuk tentu harus berhati-hati karena menyebabkan goresan pada permukaan sedangkan akrilik tidak.

 

Aplikasi Plastik Akrilik

 

Penggunaan plastik akrilik dapat digunakan sebagai pot, souvenir gantungan kunci, jendela dan lain sebagainya. Untuk beberapa kondisi, plastik akrilik dengan ketebalan super juga dapat digunakan sebagai antipeluru. 

 

Aplikasinya juga cukup beragam karena tujuannya untuk menggantikan kaca yang saat ini mengalami kekurangan bijih kaca. Ada juga jenis akrilik yang tidak bening, yaitu akrilik susu, akrilik pita putih, dan akrilik berwarna. Harganya juga bervariasi namun tidak jauh berbeda dengan akrilik bening.

 

Cara Merawat Plastik Akrilik

 

Bahan plastik akrilik memiliki tekstur yang cukup rapat, halus dan licin seperti kaca. Untuk membersihkan noda cukup menggunakan air mengalir yang dicampur dengan sabun atau cairan pembersih polar. Akrilik menawarkan banyak keuntungan tetapi Anda juga harus ekstra hati-hati jika anak kecil bermain api. Akrilik Kendari tahan 160 derajat bukan berarti tidak bisa terbakar.

 

Keamanan Plastik Akrilik

 

Beberapa turunan akrilik digunakan untuk toples makanan atau penyimpanan makanan baik basah maupun kering, sebaiknya pilih yang berlabel BPA Free. Karena banyak plastik yang dijual mengandung bahan kimia berbahaya dan menyebabkan kanker. Distributor akrilik akan menanyakan tujuan penggunaan bahan, jika untuk makanan akan dipilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Keuntungan Dari Plastik Akrilik

 

Beberapa keuntungan yang dapat anda dapatkan jika menggunakan Plastik akrilik, yuk simak keuntungannya dibawah ini:

 

Tahan Lama Dan Anti Pecah

 

Tekstur akrilik sangat ulet dan tahan pecah meskipun hampir sama dengan kaca. Keuletan membuat daya tahan maksimal, pori-pori plastik juga sangat rapat. Berbeda dengan plastik berkualitas rendah seperti ember, pori-porinya lebih lebar, sehingga sekali dijatuhkan akan mudah pecah.

 

Seperti Kaca, Bening

 

Akrilik sengaja dibuat bening seperti kaca karena dimaksudkan sebagai pengganti kedua setelah kaca. Efek transparansinya juga lebih baik, tidak menyerap panas seperti kaca. Akrilik juga bisa digunakan sebagai kaca jendela tapi untuk bagian rumah yang aman ya.

 

Harga Terjangkau

 

Bahan bijih lebih terjangkau daripada bijih kaca, sehingga membuat harga lembaran plastik akrilik lebih murah. Dengan harga yang terjangkau kamu bisa membuat berbagai kerajinan dari akrilik yang bisa menghasilkan keuntungan. Satu lembar akrilik dapat membentuk hingga 80 souvenir tergantung ukuran masing-masing barang.

 

Tidak Mengundang Lumut

 

Lumut tidak menyukai permukaan yang licin seperti akrilik. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan akrilik sebagai kolam akuarium, alas tanaman atau meja hias.

 

Fleksibel

 

Artinya bisa dibentuk sesuai model dan pola yang diinginkan. Pemotongan akrilik menggunakan mesin laser yang akan bekerja sesuai dengan pola pada layar komputer. Kreasi akrilik dapat membantu Anda menggunakan bahan lain.

 

Ringan

 

Berat jenis plastik akrilik lebih rendah dari berat jenis kaca sehingga bobotnya juga lebih ringan. Anda tidak perlu takut untuk meletakkan akrilik di permukaan yang kasar karena tidak akan pecah.

 

Tahan Lama Dan Aman Untuk Makanan

 

Beberapa perkembangan bahan plastik akrilik memang dibuat sebagai alat penyimpan makanan. Namun tidak dengan bahan baku asli melainkan telah diturunkan dari akrilik kualitas pertama sehingga aman untuk penyimpanan makanan.

 

Demikian ulasan artikel ini  tentang Informasi Mengenai Plastik Akrilik semoga bermanfaat.

©2022. Pabrik Display. All Rights Reserved.

See also  Cara Membuat Reklame Yang Menarik
wa
Scroll to Top