Kenali Jenis-jenis Neon Box dan Manfaatnya

Neon box merupakan alat media yang mirip dengan papan reklame. Neon box sering juga disebut kotak neon. Ada ruang kosong di tengah kotak neon. Bagian tengahnya diisi dengan lampu neon untuk. bertujuan untuk memberikan informasi. 

 

Alat ini sangat berguna sebagai alat promosi, baik siang maupun malam. Saat ini, neon box yang juga dikenal dengan neon sign telah menjadi kata yang umum digunakan dalam dunia periklanan di Indonesia. 

 

Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat neon box adalah backlite, outdoor vinyl, acrylic, colibrite dan ultralon. Untuk bentuk dan desain bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Berbeda dengan baliho dan spanduk, neon box terlihat lebih menarik di malam hari. Pasalnya, lampu neon memiliki fungsi pencahayaan yang akan membuat gambar bersinar saat gelap. Keuntungan lain dari neon box adalah iklan berjalan 24 jam. 

 

Neon box sangat berguna untuk kegiatan promosi suatu usaha atau toko karena dapat menarik perhatian calon konsumen. Neon box di atas juga saat ini banyak digunakan oleh para pemilik bisnis.

 

Pasti Anda sudah sering melihat neon box di pinggir jalan untuk menandakan iklan, keberadaan toko, adan bisnis. Jika Anda ingin nama perusahaan atau toko bisnis Anda terlihat di malam hari, pemasangan Neon Box ini adalah jawaban yang paling tepat untuk digunakan.

Jenis-jenis Neon Box dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Brand Awareness

 
  1. Jenis Neon Box Yang Paling Sering Digunakan 

Secara umum jenis neon box dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan untuk penutupnya. Makanya dikenal istilah duratrans, acrylic, dan vinyl neon box. Lalu, apa saja sih arti dan makna dari berbagai jenis neon box tersebut? Berikut deskripsinya.

 

  • Neon box Duratrans

Kata duratrans merupakan ‘trademark’ yang kemudian berkembang dan populer sebagai jenis neon box. Jenis ini merupakan bahan neon box dengan ketebalan yang sangat tipis menyerupai kaca. Sebagai rangka, neon box ini menggunakan material besi hollow atau aluminium untuk memaksimalkan ketahanannya terhadap korosi atau karat.

Di permukaan duratrans, huruf dan gambar kemudian dicetak. Karena bahannya yang tipis dan bening, namun juga tidak mudah rusak oleh kesulitan, bahan ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh masyarakat.

 

  • Kotak Vinyl Neon

Dari segi harga, neon box yang menggunakan vinyl paling ekonomis. Karena harganya yang paling kompetitif dibandingkan yang lain, penggunaan vinyl neon box juga jauh lebih luas di masyarakat. Selain itu, dari segi tampilan, bahan vinyl yang tipis ini merupakan kain semi plastik sangat cocok untuk mencetak teks dan gambar. 

Saat lampu neon menyala di malam hari dari dalam kotak, pancaran papan nama berbahan dasar vinil tak kalah menarik dari dua bahan sebelumnya. Karena harganya yang lebih terjangkau maka daya tahan vinyl jauh lebih rendah dari diatas atau duratrans.

 

  • Neon box Akrilik

Sesuai dengan namanya, acrylic neon box ini tentunya terbuat dari bahan cover sebagai penutupnya. Dibandingkan dengan duratrans, pantai tentunya memiliki ketebalan yang lebih besar sehingga dari segi daya tahan lebih baik. Selain itu, bahan di atas juga mampu memancarkan cahaya yang lebih lembut ketika lampu neon yang ditempatkan di dalam kotak dinyalakan.

 

Kekurangan dari bahan di atas neon box adalah jika terlalu lama terkena cuaca maka tingkat kejernihannya akan berkurang. Jika dilihat lebih jauh, kondisi akan tampak lebih kabur.

 

  1. Komponen Utama Kotak Neon
  • Kerangka Kotak Neon

Bahan untuk rangka neon box biasanya menggunakan besi siku. Jika menggunakan neon box besar atau giant box, sesuaikan ukuran neon box dan gunakan besi ukuran besar dengan spesifikasi lebih detail untuk meminimalisir tingkat resiko.

 

  • Depan

Untuk bagian depan menggunakan pantai atau vinyl. Kualitas bahannya pun beragam, seperti kualitas China, Jerman, dan Korea. Sedangkan bahan di atas digunakan yang sudah memiliki ukuran standar untuk sampul media. Kemudian, tidak ada standar untuk neon box pada sampul depan vinil.

 

  • Bagian Samping

Pada bagian sisi neon box terdapat tingkat ketebalan yang disesuaikan dengan ukuran besar box sehingga dapat menyamai tingkat pencahayaan dari neon box tersebut. Sistem pencahayaan sangat berpengaruh pada neon box ini. Sistem dapat disesuaikan sehingga menyala di bagian dalam gambar dan di belakang sampul depan. 

©2022. Pabrik Display. All Rights Reserved.

See also  Mengetahui Tentang Bentuk Neon Box Dan Ide Desain
Scroll to Top