Kelebihan dan Karakteristik Akrilik

Kelebihan dan Karakteristik Akrilik

Kelebihan Akrilik Dan Karakteristiknya – Pemilihan bahan baku akrilik sebagai furniture rumah tangga adalah tindakan yang tepat. Karena selain bahan baku tersebut membuat furnitur lebih kokoh dan tahan lama, tampilan fisik furnitur membuat rumah terlihat lebih elegan. Penggunaan dan pemilihan dekorasi atau dekorasi yang tepat akan membuat Anda semakin betah berlama-lama di rumah. 

 

Karena selain memberikan efek elegan, akrilik juga bisa membuat tampilan rumah Anda semakin cantik dan tertata rapi seperti tempat tinggal baru lagi. Selain itu, pemilihan produk furniture dan dekorasi dari bahan baku yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan para pelaku bisnis properti. Selain memiliki tampilan yang menarik, produk yang ditawarkan juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan bahan baku lainnya.

 

Penataan dekorasi dan pemilihan furnitur yang tepat akan membuat rumah terasa lebih nyaman dan bisa menghilangkan penat setelah seharian beraktivitas di luar. Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui fakta menarik seputar Kelebihan Akrilik beserta fakta menarik lainnya.

 

Kelebihan Menggunakan Bahan Akrilik

 

Dibawah ini ada beberapa Kelebihan menggunakan bahan Akrilik, antara lain:

 

Mudah Dibentuk

Dengan properti seperti plastik, Anda bisa berkreasi lebih banyak, seperti pemanasan, pencetakan, pengukiran sehingga memiliki bentuk yang detail dan indah.

 

Lebih Kuat Terhadap Benturan

17 kali lebih kuat dari kaca saat terkena benturan. Sangat cocok untuk penutup pelindung pada mesin pabrik atau pelindung penonton di tribun sirkuit balap. Selain tahan lama, akrilik juga mudah dibersihkan Dan  bobot yang ringan sehingga mudah dibawa dan dipasang.

 

Tidak Menyebabkan Reaksi Kimia

Sangat baik digunakan untuk rak makanan atau tempat minum dengan reaksi kimia minimal sehingga tidak menimbulkan racun berbahaya pada makanan.

 

Mudah Dipasang

Anda dapat dengan mudah mengebornya dengan mata bor besi biasa dan mengencangkannya. Karena lebih fleksibel dan lebih kuat dari kaca, juga lebih tenang dan tidak mudah pecah atau retak.Berbeda dengan kaca yang harus membutuhkan mata bor khusus.

 

Karakteristik Dan Sifat Akrilik

 

Akrilik dapat dibentuk menjadi berbagai macam barang, bahkan bahan ini banyak digunakan untuk bahan bangunan. Hal ini karena sifat akrilik yang unik, fleksibel, dan mudah dibentuk. Untuk lebih mengenal bahan ini, yuk kenali ciri atau sifat akrilik berikut ini:

 

Jelas Dan Transparan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akrilik mirip dengan kaca karena bening dan tembus cahaya. Namun uniknya, akrilik tidak akan berubah warna dan kuning karena dapat ditembus cahaya hingga 92%. Berbeda dengan kaca yang hanya bisa ditembus 80-90%. Semakin tebal kaca, semakin sedikit cahaya yang menembus, sehingga warnanya berubah menjadi hijau.

 

Ringan

Mengenai bobotnya, akrilik sangat ringan hingga 30% dibandingkan bahan kaca. Berat kaca berkisar 2.400 – 2.800 kg/m3, sedangkan akrilik hanya 1150 – 1190 kg/m3. Artinya, akrilik bisa setengah kali lebih ringan dari kaca, ya, Pins! Untuk ketebalannya sendiri bisa didapatkan dalam berbagai variasi, mulai dari 1,5 mm hingga 25 mm. Ukurannya pun bermacam-macam, seperti 100 cm x 200 cm, 122 cm x 83 cm, 203 cm x 305 cm, dan lain sebagainya.

 

Memiliki Fleksibilitas

Sifat akrilik yang fleksibel menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih bahan ini. Karena fitur ini, Pin dapat mencetak akrilik menjadi berbagai bentuk dan lembaran yang dapat disesuaikan. Hal inilah yang membuat akrilik lebih mudah untuk dimodifikasi, seperti menekuk atau memotong menggunakan mesin laser cutting. Berbeda dengan kaca, yang harus melalui fase leleh jika ingin dimodifikasi.

 

Viskoelastisitas

Meski bobotnya ringan, akrilik ternyata memiliki kemampuan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kaca. Hal ini dikarenakan akrilik memiliki sifat viskoelastik, yaitu sifat material yang menunjukkan sifat viskos dan elastis pada saat berubah bentuk. Bahan yang memiliki sifat ini lebih tahan benturan, lebih elastis dan fleksibel.

 

Isolasi Termal

Properti akrilik berikutnya adalah kemampuannya untuk menahan panas dan mentransfer cahaya lebih baik daripada kaca. Akrilik memiliki ketahanan panas 20% lebih baik daripada kaca.

 

Food Grade 

Ciri terakhir dari akrilik adalah food grade. Artinya, bahan ini bila bersentuhan langsung dengan makanan terbukti aman untuk dikonsumsi. Mikroorganisme tidak dapat hidup pada permukaan akrilik, sehingga aman digunakan untuk penyimpanan makanan. Jika dijadikan akuarium juga tidak ditumbuhi lumut.

 

Demikian ulasan tentang Kelebihan Akrilik Dan Karakteristiknya semoga bermanfaat.

©2022. Pabrik Display. All Rights Reserved.

See also  Gambar Reklame Komersial
Scroll to Top