Mengenal Akrilik, Jenis dan Kelebihannya

Mengenal Akrilik, Jenis dan Kelebihannya

Setiap rumah pasti memiliki dekorasi atau hiasan. Fungsi dekorasi ialah untuk memperindah rumah, dan membedakan rumah yang satu dengan yang lainnya. Banyak bahan yang dapat dijadikan hiasan di rumah, salah satunya ada di atas. Selain tampilannya yang menarik, juga banyak diminati karena harganya yang masih mencukupi.

 

Mengenal Akrilik, Jenis dan Kelebihannya

 

  1. Definisi Akrilik

Membeli rumah sendiri adalah momen yang sangat berharga. Rumah merupakan tempat yang nyaman untuk ditinggali dan Anda dapat beristirahat dengan tenang di dalamnya. Anda tidak selalu harus membeli rumah baru karena ada banyak pilihan rumah bekas yang masih bisa Anda rapikan.

 

Selain itu, Anda juga dapat mengubah tampilan rumah Anda agar terlihat lebih menarik dengan mengubah dekorasi dari bagian dalam rumah Anda. Ada begitu banyak pilihan bahan yang bisa digunakan untuk menghias tampilan rumah dan salah satunya ada di atas. 

 

Dilansir dari Wikipedia, plastik polimer transparan di atas berbentuk lembaran yang biasanya merupakan pengganti kaca. Bahan dari akrilik sangat ringan, bahkan hingga 30 persen, lebih ringan dari kaca pada umumnya. Akrilik memiliki kemampuan untuk mentransfer cahaya, menahan panas dan memiliki kemampuan struktural yang lebih kuat daripada kaca. 

 

Tidak hanya itu, akrilik juga dapat mencetak berbagai bentuk dan lembaran dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda. Harganya yang relatif murah seperti di akrilik ini sangat populer di dunia properti.

 

Secara historis, di atas pertama kali dibuat pada tahun 1843. Asam metakrilat dan metanol dicampur, dan metil metakrilat terbentuk. Polymethyl methacrylate atau akrilik ini ditemukan pada awal tahun 1930-an oleh seorang ahli kimia dari Inggris bernama Rowland Hill dan John Crawford.

 

Pada saat yang sama, ahli kimia Jerman bernama Otto Rohm dan Haas AG juga berhasil menciptakan kreasi dengan memisahkan 2 lapisan kaca pada tahun 1933. Haas AG dipatenkan dengan nama Plexiglas.

 

2. Dekorasi Akrilik di Rumah, Hemat Anggaran

Akrilik dapat dibentuk menjadi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Bahannya relatif lebih kuat namun fleksibel sehingga bentuk dari atas dapat divariasikan dengan mudah. 

 

Beberapa hari raya di atas juga populer digunakan dan menjadi alternatif bentuk yang baik untuk mempercantik tampilan rumah. Di bawah ini merupakan beberapa contoh liburan di atas yang banyak digunakan untuk rumah:

  • Meja makan kayu merupakan salah satu jenis meja makan kuat yang lebih aman digunakan dibandingkan meja makan kaca. Bahan-bahan di atas tidak akan pecah dan aman untuk digunakan jika ada anak-anak di rumah Anda.
  • Padukan meja makan di atas Anda dengan kursi yang juga terbuat dari bahan akrilik. Kursi yang terbuat dari bahan di atas memiliki bobot yang sangat ringan, apalagi jika dibandingkan dengan kursi yang terbuat dari kayu. Selain itu, kursi dari akrilik juga memiliki ketahanan yang baik dan tidak akan membusuk seperti kursi kayu.

3. Jenis Akrilik

Akrilik sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda dan bisa anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan atau kebutuhan anda. Di bawah ini adalah beberapa tempat yang sering ditemui di atas:

  • Akrilik Cetak 

Dilansir dari Induflex, di atas jenis ini dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan yang dibutuhkan berupa cairan panas. Proses kimia terjadi saat bahan-bahan yang dibutuhkan dicairkan, kemudian dituangkan ke dalam bentuk lembaran. Ketika suhu mendingin, cairan akan mengeras. 

  • Akrilik Ekstrusi 

Akrilik ekstrusi sedikit berbeda dengan tebing yang menggunakan alat mesin cetak. Akrilik jenis ini dibuat dengan menggunakan mesin, dimana mesin akan menekankan suatu bentuk, sedangkan proses kimiawi terjadi ketika proses mekanis terjadi. 

  • Lembaran Akrilik Transparan

Jenis selanjutnya di atas adalah lembaran lembaran transparan. Jenis akrilik ini merupakan salah satu yang paling umum dan paling mudah ditemukan. Anda dapat menggunakan lembaran transparan di atas untuk berbagai keperluan yang berbeda dan salah satunya adalah untuk mengganti kaca untuk meja makan.

  • Terpal Akrilik Berwarna

Jika Anda ingin membuat suasana rumah Anda lebih berwarna, maka Anda bisa memanfaatkan pulau yang memiliki warna. Ada banyak lembar berwarna dan Anda dapat menyesuaikannya sesuai keinginan Anda.

©2022. Pabrik Display. All Rights Reserved.

See also  Signage untuk Gym
Scroll to Top