Pabrik Display

Proses Apa Saja Dalam Pembuatan Huruf Timbul

Proses Apa Saja Dalam Pembuatan Huruf Timbul? – Pada umumnya huruf timbul adalah. Huruf yang dibuat menonjol dari permukaan tempat tulisan itu berada, baik di permukaan kertas maupun di permukaan dinding. Dalam dunia advertising atau periklanan, huruf timbul merupakan logo atau tulisan suatu instansi atau perusahaan yang dibuat dari bahan tertentu sesuai dengan desain yang telah direncanakan.

Surat timbul ini dapat digunakan untuk menunjukkan identitas suatu instansi atau perusahaan. Huruf timbul memiliki ketebalan, lebar dan panjang yang telah ditentukan. Biasanya huruf timbul menggunakan bahan seperti logam stainless, besi karbon, kuningan, galvanis dan akrilik. Lantas, bagaimana proses pembuatannya dan langkah apa saja yang dilakukan untuk Pembuatan Huruf Timbul? Berikut ini kami jelaskan langkah-langkahnya.

Apa Itu Huruf Timbul?

Huruf timbul adalah jenis papan reklame yang dapat dengan sempurna mewakili logo dan citra perusahaan Anda. Huruf timbul merupakan media promosi atau media identitas bagi suatu perusahaan. Baik berupa tulisan maupun logo yang unik, yang bertujuan untuk menarik perhatian orang yang melihatnya agar tertarik dan ingin melihat produknya kemudian membeli produk mereka.

Huruf timbul saat ini sedang menjadi trend penamaan sebuah bidang usaha karena huruf timbul terlihat lebih elegan, eksklusif dan mewah. Akan semakin menarik jika dipadukan dengan penggunaan lampu LED pada bagian belakang huruf timbul yang akan membuatnya semakin menarik dan cantik.

Penggunaan huruf timbul tidak lagi hanya di mall, toko, kafe tetapi trend baru yang banyak digunakan adalah di pinggir jalan yang menandakan lokasi suatu tempat, atau objek wisata yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Proses Pembuatan Huruf Timbul

Berikut ini Proses Pembuatan Huruf Timbul yang perlu anda ketahui, antara lain:

Pengukuran Dan Desain Surat Termasuk

Pengukuran dilakukan untuk mengetahui pola apa saja yang bisa dibuat sesuai dengan permintaan klien. Dalam proses ini didapatkan spesifikasi ukuran dan desain awal, baik itu desain setiap huruf maupun desain logo. Jika yang ingin dibuat adalah logo, buatlah pola dan desain menggunakan aplikasi editor untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Proses Pemotongan

Selanjutnya adalah proses pemotongan, setelah mendapatkan desain pola yang diinginkan, pola dipotong. Perlu diperhatikan bahwa desain dan proses pemotongan harus sesuai dengan pola yang dibuat baik dari segi ukuran maupun jenis font atau teks. Hal penting lainnya adalah setiap desain huruf harus dibuat dua, misalnya jika ingin membuat huruf timbul “A” maka diperlukan dua desain yang berbentuk huruf A.

Fungsinya untuk menutupi kedua permukaan huruf timbul huruf yaitu bagian depan dan belakang, hal ini dilakukan jika klien meminta huruf timbul yang tertutup kedua sisinya. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunting desain setebal huruf timbul. Jika huruf timbul yang diinginkan tebalnya 10 cm, maka potonglah piring setebal 10 cm dan panjang sesuai desain.

Proses Kesatuan

Ini adalah proses penyambungan dan perakitan pelat yang telah dirancang. Penyatuan dapat dilakukan dengan menyolder atau mengelas. Tahapan ini sangat menentukan kekuatan dan keawetan plat embos nantinya, jika dilakukan pengelasan dengan baik dan benar maka akan menghasilkan produk emboss yang dapat bertahan lama.

Proses Penyelesaian

Dalam proses ini, penghalusan huruf timbul yang telah disatukan dilakukan dengan cara membuang bagian-bagian yang tidak diperlukan dan juga menghaluskannya dengan cara didempul.

Pemberian Warna

Proses pemberian warna dilakukan untuk memberi warna pada huruf timbul yang telah dicetak. Huruf timbul yang menggunakan bahan besi karbon dan galvanis diwarnai dengan cat, sedangkan huruf timbul yang menggunakan bahan akrilik dibuat menggunakan warna akrilik yang sudah ditentukan dari awal desain, atau bisa juga menggunakan stiker warna.

Instalasi

Proses instalasi dilakukan di tempat yang ditentukan oleh klien. Biasanya surat timbul ini diletakkan di depan suatu instansi atau fasilitas perusahaan yang dapat dilihat dengan mudah oleh masyarakat. Tujuannya agar masyarakat mengetahui identitas instansi atau perusahaan tersebut.

Itulah langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat surat muncul. Jika Anda tertarik untuk menggunakan huruf timbul sebagai identitas perusahaan Anda, Anda dapat menghubungi jasa pembuatan huruf timbul di Medan. Kami siap berkonsultasi dengan Anda mulai dari perencanaan desain yang diinginkan hingga proses pemasangan.

Baca Juga : Kelebihan Menggunakan Akrilik

Demikian ulasan tentang Proses Apa Saja Dalam Pembuatan Huruf Timbul? semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top