Pabrik Display

Jenis-jenis Reklame yang Patut Diketahui!

Ada banyak jenis-jenis reklame yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah iklan yang sering muncul di jalan. Secara umum, iklan diartikan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan, pesan imbauan, atau promosi. Bentuk iklan juga beragam, mulai dari iklan yang hanya berupa suara, gambar, hingga video.

Jenis-Jenis Reklame dan Contihnya!

Buku Model Implementasi Kebijakan Penataan Reklame karya Dr. Hernimawati, M.Si. (83:2018) menjelaskan reklame dikelompokkan berdasarkan isi pesan, karakter informasinya, bahan yang digunakan, dan juga teknik pemasangannya. Dari penjelasan ini, dapat dilihat bahwa reklame memiliki beragam jenis, ciri khas, dan pentingnya dalam proses pemasangannya. Jadi, apa saja jenis-jenis reklame tersebut? Untuk mengetahuinya, mari kita lihat ringkasannya di bawah ini.

Jenis Reklame Dilihat dari Pengadaannya

Reklame dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan pembuatannya, sehingga kita dapat memahaminya berdasarkan fungsi yang ingin dicapai oleh reklame tersebut. Ini disebabkan oleh variasi tujuan yang berbeda dalam pembuatan reklame. Salah satu kategori utama adalah:

Reklame Komersial

Reklame jenis ini digunakan untuk mempromosikan produk atau usaha bisnis tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan tersebut. Contoh-contoh reklame komersial meliputi billboard, spanduk, iklan televisi, dan sejenisnya.

Reklame Non-Komersial

Reklame non-komersial, di sisi lain, tidak digunakan untuk mempromosikan produk tertentu, tetapi seringkali berisi ajakan atau pesan yang bersifat sosial, budaya, kesehatan, dan sejenisnya. Contoh reklame non-komersial meliputi brosur yang mendorong orang untuk menggunakan masker, poster yang mengingatkan untuk membuang sampah pada tempatnya, dan sejenisnya.

Jenis Reklame Dilihat dari Sifatnya

Terdapat tiga jenis reklame yang dapat dibedakan, yaitu reklame informasi, reklame peringatan, dan reklame ajakan.

Reklame Informasi

Jenis reklame ini bertujuan memberikan informasi yang penting kepada masyarakat. Contoh-contohnya termasuk iklan yang memberi tahu tentang risiko merokok, spanduk yang mengumumkan promo diskon, dan banyak lagi.

Reklame Peringatan

Jenis-jenis Reklame
Freepik.com/freepik

Reklame tipe ini dirancang untuk memberikan peringatan tentang hal-hal yang berpotensi berbahaya. Contohnya adalah rambu lalu lintas yang mengingatkan pengendara untuk mengemudi dengan hati-hati karena ada banyak anak-anak di sekitar, serta spanduk yang mengingatkan akan bahaya merokok dan lain sebagainya.

Reklame Ajakan

Reklame jenis ini umumnya berisi pesan yang mencoba meyakinkan atau mengajak orang untuk melakukan tindakan tertentu. Ini bisa berupa iklan televisi, banner yang mengajak untuk menjaga kebersihan, dan lain sebagainya.

Jenis Reklame Dilihat dari Pemasangannya

Jenis-jenis reklame juga bisa dikelompokkan berdasarkan tempat di mana mereka dipasang, yaitu reklame indoor dan reklame outdoor.

Reklame Indoor

Jenis-jenis Reklame
Freepik.com/victor217

Reklame jenis ini biasanya ditempatkan di dalam ruangan dan tidak harus tahan terhadap sinar matahari. Contohnya meliputi leaflet, brosur, dan label.

Reklame Outdoor

Sementara itu, reklame outdoor umumnya lebih besar ukurannya daripada yang ditempatkan di dalam ruangan. Bahan reklamenya juga harus tahan terhadap sinar matahari. Contohnya termasuk billboard, papan nama, dan spanduk.

Jenis Reklame Dilihat dari Media yang Digunakan

Terakhir, reklame dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis medianya, yang mencakup reklame visual, reklame audio, dan reklame audio visual.

Reklame Audio

Reklame ini hanya dapat dirasakan melalui pendengaran karena hanya berisi suara. Contohnya adalah iklan di radio, lagu, dan podcast.

Reklame Visual

Reklame visual adalah semua jenis reklame yang dapat dilihat dengan mata, tanpa memandang bentuknya. Contohnya termasuk poster, brosur, dan billboard.

Reklame Audio Visual

Jenis reklame ini merupakan kombinasi dari unsur visual dan audio, yang dapat dilihat dan didengar, atau berwujud dalam bentuk video. Contohnya adalah iklan televisi, iklan di layar bioskop, dan iklan di media sosial.

Dalam dunia reklame, kita dapat menemukan beragam jenis yang dibedakan berdasarkan berbagai kriteria, seperti tujuan pembuatannya, tempat pemasangannya, atau jenis medianya. Setiap jenis reklame memiliki peran dan fungsi tersendiri dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Dari reklame komersial yang mempromosikan produk hingga reklame non-komersial yang menyampaikan pesan sosial, semuanya berperan penting dalam dunia periklanan. Selain itu, reklame dapat berupa pesan yang hanya didengar (audio), hanya dilihat (visual), atau kombinasi keduanya (audio visual).

Dengan berbagai jenis reklame, menjadikan alat ini sebagai salah satu alat yang sangat berpengaruh dalam membentuk budaya dan informasi yang kita terima sehari-hari. Oleh karena itu, pemahaman tentang jenis-jenis reklame ini sangat penting dalam mengapresiasi peran dan dampaknya dalam masyarakat. Ingin membuat berbagai jenis reklame, Pabrik Display bisa jadi pilihan Anda.

0 thoughts on “Jenis-jenis Reklame yang Patut Diketahui!”

  1. Pingback: Pabrik Jasa Neon Box, Ini Cara Pilihnya! - Pabrik Display

  2. Pingback: Neon Box Industri Pemerintahan - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top