Pabrik Display

Kelebihan Pembuatan Pembuatan Akrilik Custom Dibandingkan Material Kaca

Kelebihan Pembuatan Pembuatan Akrilik Custom Dibandingkan Material Kaca – Ada banyak keunggulan bahan untuk Pembuatan Akrilik Custom dibandingkan dengan bahan kaca. Tak hanya dari segi tampilannya saja yang sangat memukau, namun harga dan kualitas yang ditawarkan berani bersaing. Berikut ini rincian keunggulan yang bisa anda jadikan sebagai acuan untuk memilih material terbaik.

Kelebihan Pembuatan Pembuatan Akrilik Custom

Kejernihan Optik Tingkat Tinggi

Bahan pembuatan custom acrylic sangat bening bahkan bisa ditembus lebih dari 95 persen cahaya. Berbeda dengan kaca yang hanya bisa memancarkan cahaya sebanyak 80-90 persen. Ini membuat kotak akrilik custom tampak lebih jelas dibandingkan dengan kotak yang terbuat dari kaca.

Aman Untuk Peralatan Makan

Acrylic tergolong bahan food grade yang aman digunakan untuk berbagai barang konsumsi seperti kotak makan siang, piring atau gelas. Selain itu, bahan ini tergolong higienis karena tidak ada bakteri yang bisa hidup di permukaannya.

Dengan begitu menggunakan akrilik custom made terpercaya sebagai wadah akan membantu makanan tetap higienis. Namun, anda harus memperhatikan suhu makanan agar tidak panas dan pastikan bukan tempat untuk memanaskan makanan di dalam microwave.

Daya Tahan Yang Lebih Kuat

Akrilik adalah bahan keras yang mampu menahan beban benda di atasnya. Maka tak heran jika akrilik digunakan untuk membuat meja dan rak pajangan. Dibandingkan kaca, akrilik tidak mudah pecah karena sifat elastisnya yang jauh melebihi kaca. Namun, meski kuat, pemilik tetap harus memperhatikan berat benda sesuai dengan ketebalan furnitur akrilik yang digunakan.

Dapat Dibentuk Dengan Mudah

Sifat fleksibel pembuatan custom acrylic membuat pengrajin sangat mudah untuk membuat berbagai bentuk furniture. Maka tak heran jika banyak sekali benda-benda disekitarnya yang terbuat dari bahan akrilik. Sebut saja plakat akrilik custom, gantungan kunci, vas bunga, hiasan dinding, hingga barang fungsional seperti meja, kursi, rak pajangan, dan lain sebagainya. Ada dua proses pembuatan furniture dari akrilik, yaitu:

Metode Cetak Manual

Dalam proses pencetakan pembuatan akrilik custom, semua bahan pembuatan dicampur menjadi satu dalam bentuk lelehan panas. Kemudian larutan panas dicetak sesuai pola dan didinginkan. Cara ini cukup rumit dan membutuhkan kerja yang hati-hati. Karena pengerjaannya masih dilakukan secara manual oleh manusia, maka tak heran harganya lebih mahal dari proses mesin.

Metode Mesin Ekstradisi

Proses ini menggunakan mesin dan hanya membutuhkan tenaga manusia sebagai pengontrolnya. Dengan begitu biaya produksi bisa ditekan dan harga jual lebih murah. Pada tahap pembuatan, mesin akan memampatkan bahan akrilik sesuai dengan pola yang telah dicetak secara langsung. Nanti dari situ akan muncul berbagai bentuk sesuai keinginan.

Bobot Lebih Ringan

Berat akrilik custom made terlaris di pasaran jauh lebih ringan dibandingkan kaca. Hal tersebut membuat furnitur akrilik sangat mudah diangkat dan dipindahkan. Sekalipun itu meja akrilik besar, hanya perlu beberapa orang untuk mengangkatnya. Dengan begitu biaya mobilitas dapat lebih dikurangi.

Harga Lebih Murah

Akrilik dibuat dengan mencampurkan polimer dengan asam akrilik. Sedangkan untuk mendapatkan material kaca, pabrik harus mencampurkan berbagai mineral seperti feldspar, kerang, garam, dan pasir kuarsa.

Kompleksitas bahan yang dibutuhkan untuk membuat kaca menyebabkan harga kaca lebih mahal dibandingkan akrilik. Selain itu, proses pembuatan kaca yang semakin rumit membuat harga di pasaran semakin meningkat. Untuk itu membuat akrilik custom termurah sangat cocok sebagai bahan pengganti kaca dengan harga yang lebih terjangkau.

Tahan Terhadap Segala Perubahan Cuaca

Akrilik memiliki fleksibilitas yang membuatnya tidak mudah pecah karena perubahan suhu dibandingkan kaca. Material kaca sangat sulit menahan pemuaiannya sendiri sehingga akan pecah jika diletakkan di lokasi dengan perubahan suhu yang ekstrim.

Sifat Dan Karakteristik Akrilik

  • Jelas dan tembus cahaya
  • Kuat, fleksibel dan tahan lama
  • Aman untuk makanan, karena tidak memungkinkan tumbuhnya mikroorganisme
  • Itu dapat dibentuk menjadi beberapa jenis bentuk
  • Mempunyai bobot yang ringan dibandingkan dengan kaca

Baca juga : Tips Pembuatan Akrilik Custom Yang Mudah

Berbagai produk dan karya seni yang dapat dibuat sebagai bahan dasar akrilik. Dalam industri percetakan dan spesialis akrilik, akrilik digunakan untuk membuat plang toko atau signage bangunan, plakat, huruf timbul, tempat brosur, podium, rambu wali/pajangan poster, gantungan kunci, bingkai foto dan lain-lain.

Demikian ulasan tentang Kelebihan Pembuatan Pembuatan Akrilik Custom Dibandingkan Material Kaca, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top