Pabrik Display

Beberapa Tips Pembuatan Akrilik Custom

Beberapa Tips Pembuatan Akrilik Custom – Kerajinan saat ini mengalami perkembangan pesat. Bahan yang digunakan tidak hanya sebatas itu saja, tetapi banyak jenisnya. Yang sedang tren saat ini adalah berkreasi dengan akrilik. Dalam dunia kerajinan, akrilik sering digunakan sebagai pelapis bahan atau barang lain. Tak hanya sebagai bahan pendukung, kini akrilik bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan.

Proses Pembuatan Akrilik Custom cukup mudah sekaligus dapat dipraktekkan di rumah. Kerajinan akrilik saat ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Jika anda ingin mencoba membuat kerajinan akrilik, anda bisa mempelajarinya melalui berbagai jejaring sosial. Sebelum mempelajari proses pembuatan kerajinan tangan, disarankan anda memahami hal-hal berikut ini:

Pengertian Akrilik

Banyak orang yang mengenal istilah akrilik dan mengira bahwa bahan ini adalah cat yang biasa digunakan untuk melukis. Namun akrilik yang dimaksud sebenarnya adalah lembaran plastik transparan seperti kaca yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur atau komponen bangunan.

Karakteristik Akrilik

Akrilik memiliki karakteristik yang disukai banyak orang, sehingga mereka memutuskan untuk menggunakannya. Di antara ciri-cirinya adalah:

  • Sangat ringan
  • Daya tahannya kuat
  • Fleksibel dan tidak mudah putus
  • Mudah dipotong dan dilubangi, misalnya dengan bor
  • Kejernihannya seperti kaca
  • Memberikan kesan stylish dan modern

Proses Pembuatan Kerajinan Akrilik Yang Mudah

Karakteristiknya yang unggul membuat akrilik banyak digunakan dalam berbagai hal, salah satunya kerajinan. Berikut beberapa contoh kerajinan tangan dan proses pembuatan kerajinan tangan dari akrilik yang bisa anda praktikkan:

Membuat Bunga Tulip Akrilik

Untuk membuat bunga dari akrilik, bahan dan peralatan harus disiapkan. Diantaranya adalah :

  • Alat : tang, tang potong, gunting
  • Bahan: akrilik monte, kawat, tali
  • Gunakan tali untuk membuat rangkaian bunga dan ikatkan pada kawat yang digunakan sebagai batang.

Kalender akrilik

Pembuatan kalender dengan bahan akrilik membutuhkan bahan utama berupa akrilik dengan alat lain yaitu bor, empat buah untuk skrup. Proses pembuatan kerajinan akrilik ini adalah melubangi empat sisi akrilik dengan bor kemudian mendesain kalender menggunakan selotip warna-warni untuk membentuk kolom hari dan tanggal. Anda juga dapat mencetak huruf timbul yang nantinya akan ditempel.

Modifikasi Nampan

Sifatnya yang transparan membuat akrilik banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan wadah atau tempat penyimpanan.  Proses pembuatan kerajinan ini juga sangat mudah. Cukup ukir akrilik dengan motif yang anda inginkan menggunakan pulpen pengukir di permukaannya. Yang lebih mudah yaitu dengan melapisinya menggunakan kertas pola warna-warni.

Bingkai Foto

Membuat rak foto cukup mudah. Sama seperti menggunakan bingkai pada umumnya, namun menggunakan akrilik dapat memberikan efek mengambang pada foto yang anda tampilkan. Caranya mudah cukup menjepit foto yang ingin dipajang dengan dua akrilik seperti pada bingkai pada umumnya. Kemudian, tempelkan di dinding.

Pembuatan Kotak Akrilik (Kotak Akrilik)

Proses pembuatan kotak akrilik dari bahan akrilik adiwarna mika yang paling umum digunakan adalah sebagai berikut:

  • Pemotongan (Pemotongan)

Memotong lembaran akrilik menjadi ukuran yang dibutuhkan sesuai dengan warna yang dibutuhkan oleh pelanggan;

  • Pemolesan (Pemolesan)

Permukaan akrilik setelah dipotong cukup kasar, tidak terlalu transparan, tidak terlihat indah. Jadi setelah dipotong, ujung akrilik harus dipoles (polishing). Akrilik dapat dipoles untuk mencapai transparansi yang tinggi.

  • Bonding (Menggabungkan/Menghubungkan)

Kotak akrilik disatukan menggunakan lem akrilik. Setelah beberapa waktu, setelah lem akrilik mengering, akrilik merekat dengan baik dan sangat kuat.

Plakat Akrilik

  • Membentuk Plakat

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu bahan pembuatan plakat akrilik adalah desain bentuk akrilik. Desain yang sudah disiapkan ini bisa bebas terserah anda. Apakah anda ingin membentuk akrilik dengan bentuk bidang datar biasa, bentuk wajah atau bentuk lainnya, semuanya bisa.

  • Menghias

Langkah selanjutnya adalah menghias plakat akrilik. Makna mendekorasi kali ini tentu luas. Anda bisa mendekorasi bentuk akrilik sebelumnya dengan alas datar laser, anda juga bisa mendekorasi bagian depan atau belakang plakat. Mendekorasi juga bisa menggunakan berbagai alat atau bahan. Untuk plakat akrilik nonformal, anda bisa menghiasnya dengan glitter, cat minyak, spidol, dan lainnya.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan Jasa Cetak Huruf Akrilik Custom

  • Melakukan Pengepakan

Yang terakhir adalah mengemas plakat akrilik. Plakat akrilik biasanya tidak dibuat secara gratis. Benda ini biasanya diberikan sebagai penghargaan, diberikan pada momen-momen penting, atau diberikan kepada seseorang yang juga penting.

Demikian ulasan tentang Beberapa Tips Pembuatan Akrilik Custom, semoga bermanfaat.

0 thoughts on “Beberapa Tips Pembuatan Akrilik Custom”

  1. Pingback: Tujuan Reklame Yang Harus Anda Ketahui - Pabrik Display

  2. Pingback: Simak Beberapa Komponen dalam Desain Interior - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top