Pabrik Display

Beberapa Bahan Pembuatan Neon Box Terbaik

Beberapa Bahan Pembuatan Neon Box Terbaik – Salah satu media periklanan yang cukup efektif dan sering digunakan untuk branding maupun promosi suatu usaha atau perusahaan adalah neon box. Neon box itu sendiri adalah papan reklame kecil dengan tanda neon di dalamnya. Sekarang neon box banyak digunakan oleh berbagai bisnis.

Tampilannya akan terlihat lebih menarik di malam hari karena terdapat lampu neon di dalamnya. Sehingga menarik perhatian sekaligus memberikan kesan profesional. Dalam Pembuatan Neon Box ini ada beberapa jenis bahan yang digunakan. Setiap bahan memiliki kelebihannya masing-masing. Inilah beberapa di antaranya.

Bahan Untuk Membuat Neon Box

Akrilik

Bahan pembuatan neon box yang cukup sering digunakan adalah akrilik. Terbuat dari kombinasi kaca dan plastik, bahan akrilik memiliki banyak keunggulan. Sifat bahan plastik membuatnya memiliki kelenturan yang baik sedangkan sifat kaca membuatnya tembus pandang. Jenis akrilik ini cukup kuat dan tidak mudah pecah, sehingga lebih awet dan tahan lama saat digunakan untuk membuat neon box.

Selain itu, bahan akrilik juga tersedia dalam berbagai warna, desain, dan ketebalan serta cukup mudah ditemukan di pasaran. Pilihan warna terbaik dengan bahan akrilik adalah warna putih atau yang sering disebut milk acrylic. Ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun semakin tebal semakin kuat dan bagus tentunya harganya juga akan semakin mahal.

Vinyl

Neon box berbahan vinyl, dari segi harga sangat murah. Bentuk fisiknya berupa lembaran kain yang terbuat dari bahan semi plastik. Banyak orang menyebutnya neon box berbahan flexi, bahan flexi yang digunakan untuk neon box disebut flexi backlite. Sedikit berbeda dengan yang biasa digunakan untuk banner, flexi backlite memiliki sifat yang mampu mentransmisikan cahaya. Sehingga saat terkena cahaya dari dalam neon box, warna akan “keluar”.

Keuntungan lain dari kotak neon vinil adalah dibuat menggunakan teknik pencetakan. Jika neon box yang ingin dibuat memiliki desain berupa gambar, maka neon box jenis ini adalah pilihan yang tepat. Namun karena semua bahan dicetak dengan tinta, tentunya akan lebih cepat pudar jika terus-menerus terkena terik matahari dan hujan.

Duratrans

Bahan ini pertama kali digunakan dalam bidang fotografi, akan tetapi bahan ini kini sudah menyebar untuk mengaplikasikan desain teatrikal, neon box akrilik hingga background. Jika dibandingkan dengan bahan flexi dan akrilik, anda dapat menggunakan bahan transparansi yang tahan lama dengan warna dan desain yang lebih bervariasi.

Foto dan warna yang tercetak di bahan ini jelas akan terlihat lebih menarik. Warnanya pun terlihat begitu eye catching sehingga sangat cocok untuk mengiklankan produk dari suatu perusahaan, terutama pada malam hari. Bahan ini tebal, halus namun permukaannya transparan.

Neon Box Outdoor Dari Backlite Dan Frontlite

Berbeda dengan material backlite flexi neon box, tipe ini menggunakan material yang dipadukan dengan metode frontlite atau digital printing. Jika anda menggunakan bahan yang satu ini, maka anda akan lebih leluasa menentukan desainnya. Tanpa ada batasan bentuk dan warna dengan berbagai ukuran.

Ukuran kotak neon ini mencakup standar 280 hingga 380 tertinggi. Pemasangan juga lebih mudah. Teks dan gambar akan dicetak berlawanan arah dengan menggunakan printer format outdoor melalui kecanggihan cetak beresolusi tinggi sehingga hasilnya benar-benar sesuai dengan harapan pelanggan.

Cara Membuat Neon Box Akrilik

Cara membuat neon box akrilik sebenarnya bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Kelebihannya adalah memiliki daya tahan yang lebih lama karena teks grafis dibuat dengan desain yang sederhana namun ketebalannya cukup tebal. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat teks lebih tajam.

  • Siapkan desain untuk membuat neon box akrilik
  • Dengan menempelkan pada stiker khusus (merk oracal, ritrama atau 3m)
  • Gunakan mesin pemotong untuk memotong stiker dengan rapi
  • Pasang juga pola desain yang dipotong rapi ke permukaan akrilik

Baca juga : Ide Kerajinan Dari Bahan Akrilik Dan Peluang Bisnisnya

  • Rapikan semua stiker yang menempel di permukaan akrilik
  • Jika demikian, pasang akrilik ke kotak neon
  • Periksa apakah lampu menyala atau tidak
  • Jika iya, cara membuat neon box akrilik sudah selesai

Demikian ulasan tentang Beberapa Bahan Pembuatan Neon Box Terbaik, semoga bermanfaat.

1 thought on “Beberapa Bahan Pembuatan Neon Box Terbaik”

  1. Pingback: Apa Perbedaan Reklame dan Iklan? - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top