Pabrik Display

Berbagai Jenis Model Huruf Timbul Yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Jenis Model Huruf Timbul Yang Perlu Anda Ketahui – Huruf timbul adalah salah satu bentuk media promosi dalam bentuk 3 dimensi (3d) berupa tulisan/nama atau logo suatu perusahaan.

Model Huruf Timbul
Model Huruf Timbul

Huruf timbul sedang menjadi trend penamaan sebuah bidang usaha karena huruf timbul terlihat elegan, eksklusif sekaligus mewah. Semakin menarik jika dipadukan dengan lampu led pada belakang huruf timbul yang membuatnya semakin menarik dan cantik. Model Huruf Timbul biasanya berupa :

Jenis Model Huruf Timbul

Huruf Timbul Berongga

Huruf timbul ini biasanya digunakan untuk tanda toko dan biasanya dipadukan dengan lampu led untuk menciptakan efek backlit.

Huruf Timbul Solid

Huruf timbul pada model ini tidak memiliki lubang di bagian belakang. Pada contoh gambar terlihat bahwa bagian belakang huruf yang tertutup dipadukan dengan lampu led dan bagian depan menggunakan akrilik sehingga jika digabungkan huruf timbul tampak padat/penuh dan terang pada bagian depan.

Manfaat Menggunakan Huruf Timbul

Ada beberapa jenis billboard yang biasa digunakan selain huruf timbul yaitu: pembuatan neon box, papan nama dan media promosi outdoor/indoor lainnya. Setiap jenis huruf timbul memiliki perbedaan harga dan kualitas bahan, namun huruf timbul termahal adalah yang terbuat dari kuningan, namun harga sebenarnya dapat dinegosiasikan dengan jasa periklanan di lokasi anda.

Bagi penyedia jasa huruf timbul profesional, kualitas adalah yang utama, namun rekam jejak dan pengalaman mereka memungkinkan mereka untuk memberikan solusi dan memilih bahan terbaik sesuai dengan anggaran perusahaan. Jadi jangan sampai salah memilih jasa huruf timbul, sebaiknya pilih yang mudah dikerjakan, terbuka terhadap saran dan bisa memberikan solusi yang bermanfaat bagi perusahaan.

Jenis Material Yang Terbaik Untuk Huruf Timbul

Ada beberapa jenis bahan terbaik yang bisa diterapkan pada desain huruf dengan aksen timbul seperti tiga dimensi. Mulai dari akrilik, laminasi metal, pvc, plastik khusus, hingga menggunakan material kayu.

Akrilik

Akrilik sangat cocok untuk berbagai jenis signage karena strukturnya yang sangat lentur dan kuat. Jika dipotong dengan tepat menggunakan laser, ujung-ujungnya akan terlihat tajam sehingga bentuknya terlihat sangat rapi. Tidak heran jika bahan yang satu ini menjadi pilihan utama untuk signage indoor maupun outdoor. Institusi seperti sekolah, organisasi amal, dan perusahaan, selalu menggunakannya karena dianggap lebih artistik.

Plat Besi

Bahan metal untuk huruf timbul merupakan bahan terpopuler selanjutnya setelah akrilik. Meski material seperti logam laminasi mulai terlihat meniru penampilannya, namun aura besi dari logam tersebut tidak akan tergantikan. Selain dikenal kuat dan tahan lama, material yang sudah dibentuk dapat dipadukan dengan jenis logam lain seperti tembaga, perunggu, kuningan, aluminium, dan baja, dengan cara dikuas dan dipoles sebagai finishing.

Metal Laminasi

Logam dengan pola laminasi menawarkan beberapa keunggulan saat digunakan sebagai papan nama dalam ruangan. Material ini mampu meniru tampilan logam asli sehingga terlihat elegan, dan sangat awet dalam jangka waktu lama. Biasanya, laminasi logam dipasang pada substrat yang terbuat dari pvc, busa atau akrilik. Substrat kemudian dicat agar sesuai dengan kilau metalik yang memberikan hasil akhir tampilan yang sangat mewah.

Plastik Khusus

Bahan yang satu ini sebenarnya bukan plastik biasa, melainkan sejenis plastik dengan daya tahan tinggi yang bisa dibentuk sesuai selera. Keunggulan lainnya adalah tahan terhadap pemudaran dan paparan sinar uv. Bahkan ketika memasuki proses pencetakan, plastik memiliki kedalaman yang lebih besar dibandingkan dengan bahan akrilik atau pvc yang dipotong datar.

Pvc

Huruf timbul dari bahan pvc bisa menjadi pilihan terbaik karena struktur bahan ini dikenal sangat kuat, ringan, lentur dan lebih tipis dari akrilik. Dari segi harga juga sangat terjangkau. Selain itu, pvc juga dapat menahan beban berat tanpa menyebabkan struktur bengkok atau melengkung. Artinya, setiap desain yang menggunakan material tersebut akan lebih mudah dirawat untuk penggunaan jangka panjang.

Baca juga : Tips Memilih Jasa Pembuatan Neon Box

Kayu

Kayu merupakan material yang mungkin jarang menjadi pilihan utama karena harus disesuaikan dengan beberapa hal. Selain dari aspek interior ruangan, penyesuaian juga terlihat dari elemen pendukung lainnya. Kayu bisa dibentuk menjadi panel, potongan surat, hingga dekorasi dengan pola sandblast, hingga dipadukan dengan akrilik.

Demikian ulasan tentang Berbagai Jenis Model Huruf Timbul Yang Perlu Anda Ketahui, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top