Pabrik Display

Contoh Dan Jenis Reklame Yang Wajib Diketahui

Contoh Dan Jenis Reklame Yang Wajib Diketahui – Ada juga reklame yang dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan dari produk dan layanan yang ditawarkan. Lalu ada tipe nirlaba yang bertujuan mengajak orang untuk bergabung dalam gerakan tersebut. Atau, dapat berupa layanan pemerintah masyarakat. Selain untuk tujuan pengadaan, anda dapat mengklasifikasikan reklame berdasarkan contoh dan Jenis Reklame sebagai berikut.

Jenis Reklame
Jenis Reklame

Contoh Reklame

Berdasarkan Sifatnya

Salah satu caranya adalah dengan mengklasifikasikan jenis-jenis reklame berdasarkan sifatnya. Berdasarkan sifat ini, kita bisa menentukan jika terdapat tiga sifat berbeda. Sesuai sifatnya, pengelompokan ini dibagi menjadi tampilan yang informatif, peringatan, dan menarik.

Bersifat Penerangan

Iklan jenis ini merupakan iklan yang isinya bersifat informasi. Jenis konten ini berfokus pada informasi yang disampaikan. Maka dari itu, penggunaan kata-kata juga mengarah pada sesuatu yang bermanfaat sekaligus tidak meyakinkan. Fokusnya adalah memastikan bahwa informasi yang tercantum dikomunikasikan dengan benar kepada masyarakat umum.

Tidak mencantumkan kata atau kalimat yang menyesatkan agar informasi yang disebarluaskan kepada masyarakat tidak menjadi kabur atau kabur karena sejak awal bersifat ambigu. Contoh iklan tersebut antara lain pengurusan sim dan ktp, serta pendaftaran siswa baru.

Bersifat Peringatan

Jenis iklan ini berarti tujuan dari pesan tertulis adalah untuk memperingatkan masyarakat umum tentang apa yang penting. Orang tidak boleh mengabaikan peringatan ini, karena biasanya berisi pesan yang sangat penting yang perlu diperhatikan orang.

Selain pesan peringatan tentang sesuatu, biasanya juga disertakan gambar agar rambu-rambu pada baliho lebih informatif dan masyarakat umum lebih memperhatikannya melalui gambar. Contoh iklan jenis ini adalah untuk mengingatkan pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara.

Bersifat Ajakan

Lalu ada reklame yang bersifat ajakan. Tipe ini biasanya menggunakan kata dan frase yang catchy untuk membuat orang tertarik menerima undangan yang tertera. Jenis ini dapat mencakup pembelian produk, penggunaan layanan, atau ajakan pindah yang tidak terkait dengan produk atau layanan tertentu. Contoh jenis ini adalah memakai masker dan meminta jaga jarak untuk memutus rantai penyebaran wabah covid 19.

Berdasarkan Tempat Pemasangan

Anda kemudian dapat mengklasifikasikan jenis papan ini sesuai dengan tempat pemasangannya. Tersedia dua jenis reklame berdasarkan lokasi ini, yaitu indoor dan outdoor, sebagai berikut:

  • Jenis Indoor

Display yang termasuk dalam jenis ini biasanya adalah display yang dipasang di dalam ruangan. Secara umum bahan untuk iklan ini tidak tahan terhadap cuaca luar ruangan. Oleh karena itu, iklan jenis ini mungkin tidak bertahan lama jika anda berada di luar ruangan. Contoh jenis ini banyak ditemui pada pusat perbelanjaan.

  • Jenis Outdoor

Reklame jenis ini merupakan salah satu yang biasa ditemukan anda di pinggir jalan. Desain outdoor jenis ini biasanya dirancang untuk tahan terhadap terik matahari dan hujan. Sehingga outdoor jenis ini dapat bertahan dan tetap dalam kondisi yang baik. Ukurannya biasanya lebih besar daripada tipe indoor. Ini karena berada di luar ruangan, jadi jika terlalu kecil, teks dan gambar tidak akan terlihat dengan jelas. Contohnya termasuk spanduk, baliho, dan rambu-rambu.

Berdasarkan Media

  • Media Audio

Reklame ini akan memanfaatkan audio sebagai penyampaian informasi. Contohnya adalah radio.

  • Media Visual

Media reklame ini akan memanfaatkan visual seperti tulisan dan gambar untuk menyampaikan informasi. Contoh:

  1. Poster

Poster adalah salah satu jenis visual yang memiliki gambar menarik dari suatu barang atau objek.

  • Spanduk

Spanduk adalah salah satu jenis reklame visual berupa gambar dan huruf yang dituangkan di atas kain panjang.

  • Plakat

Plakat adalah jenis yang berupa gambar berupa barang atau jasa dari gambar huruf dan dicetak di atas kertas.

  • Leaflet

Etiket adalah jenis reklame visual berupa nama pada produk atau jasa yang disertai dengan deskripsi yang lengkap dan menarik.

  • Selebaran

Leaflet adalah salah satu jenis reklame visual berupa gambar berupa barang atau benda yang disertai dengan gambar huruf sebagai informasi lainnya.

  • Brosur

Brosur adalah salah satu jenis reklame visual yang hanya menggunakan huruf sebagai elemen utamanya.

Baca juga : Jasa Huruf Timbul Dengan Harga Murah Dan Papan Nama

  • Logo

Logo adalah salah satu jenis reklame visual yang berupa lambang atau lambang suatu bumn atau bums.

Demikian ulasan tentang Contoh Dan Jenis Reklame Yang Wajib Diketahui, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top