Pabrik Display

Contoh Display Ritel, Bisa Jadi Inspirasi Desain!

Contoh Display Ritel, menjadi bagian penting dalam dunia bisnis atau retail. Peritel di berbagai penjuru dunia terus berinovasi dengan berbagai cara, dan hasil inovasi tersebut jelas terlihat dalam tampilan ritel. Penataan yang menarik dan visual merchandising memegang peran penting dalam bagaimana pengecer fisik dapat terus mendorong kedatangan pengunjung, meningkatkan kesadaran, dan membangun loyalitas.

Mulai dari fasad yang mencolok hingga interior yang unik, serta pajangan dan instalasi seni yang ramah lingkungan, berikut adalah 5 contoh display ritel terbaik di dunia saat ini, yang bisa menjadi contoh bagi Anda.

5 Contoh Display Ritel Terbaik di Dunia

Contoh display ritel yang bisa menjadi referensi Anda adalah sebagai berikut.

Adidas di London

Adidas Originals di London, yang menjadi favorit di seberang Selfridges, menawarkan tampilan inovatif dan visual yang mencolok. Desain toko ini memiliki fokus pada fleksibilitas, dengan lemari dan pajangan yang dapat dipindahkan di setiap lantai, memungkinkan Adidas untuk dengan mudah membuat aktivasi atau kolaborasi baru. Aspek keberlanjutan juga dihadirkan secara cerdas, terutama melalui pajangan sepatu khusus ‘Marley’ yang mengilustrasikan cara produk inovatif tersebut dibuat dari plastik laut. Selain itu, teknologi augmented reality turut diterapkan dengan baik, menambahkan dimensi visual tambahan pada narasi keberlanjutan dan meningkatkan daya tarik visual secara keseluruhan.

The Arrivals OutThere Lab di New York City

Pengecer fashion The Arrivals telah menghadirkan konsep pop-up dengan tema cuaca untuk mempromosikan produk mereka dalam berbagai kondisi alam. Mereka menciptakan tiga zona belanja yang berbeda untuk mencerminkan tiga iklim mikro yang berbeda. Lampu LED menampilkan informasi cuaca dari tiga kota – Tokyo, Berlin, dan New York – sementara pakaian yang dipajang mencerminkan gaya berpakaian sesuai dengan iklim masing-masing. Semua elemen di dalam toko didominasi oleh warna putih dengan sentuhan neon yang menarik perhatian pada pakaian yang dipamerkan.

Box by Posti di Helsinki

Pos Finlandia, Posti, telah memperkenalkan layanan bernama Box sebagai perantara antara pesanan online dan pengiriman ke rumah pelanggan. Dengan layanan ini, pelanggan dapat mengirimkan pesanan mereka ke Box dan menyimpannya di dalam loker hingga saatnya diambil. Studio desain Fyra bertanggung jawab merancang ruangan ini, dengan loker dilengkapi ruang ganti dan area bersantai untuk menunggu. Semua elemen didesain dengan gaya kontemporer, termasuk loker berwarna merah muda pucat dan area daur ulang khusus.

Canada Goose di Toronto

Pengecer pakaian luar asal Kanada, Canada Goose, membuka toko baru di Toronto yang memiliki konsep unik: toko tersebut tidak menjual mantel sama sekali. Sebaliknya, pelanggan diundang untuk mencoba mantel sebelum memasuki ‘Ruang Dingin’ – suatu ruangan dengan suhu -12 C dan dilapisi salju asli. Akses ke ruangan ini dilakukan melalui jalan kaca yang menghasilkan suara retakan es saat Anda melintasinya. Begitu berada di dalam ruangan, pengunjung akan disuguhi tampilan pemandangan Arktik yang mencakup dari lantai hingga langit-langit.

Gentle Monster di Shanghai

Gentle Monster dikenal karena penampilannya yang menarik dan pengalaman multisensori yang melebihi desain ritel konvensional, dan produk andalannya di Shanghai adalah salah satu contoh terbaiknya. Berbagai ruangan menampilkan ide-ide kreatif seperti anyaman makhluk pahatan, tumpukan tanah, perahu kayu, dan peralatan teknologi. Seperti halnya semua toko globalnya, tampilan ritelnya memiliki keunikan yang berbeda dari yang lain.

Issey Miyake di Tokyo

Di pabrik Homme Plisse milik Issey Miyake di Tokyo, mesin lipit industri menjadi elemen puncak yang menarik perhatian. Mesin ini aktif digunakan oleh staf selama jam operasional, menciptakan semacam pertunjukan ritel yang nyata bagi pelanggan. Keberadaan mesin ini sesuai dengan desain toko yang minimalis dan ramping, sejalan dengan pakaian berwarna cerah yang dipajang.

Olfactory di New York City

Olfactory di New York, yang merupakan ruang fisik pertama dan satu-satunya dari merek parfum online, mengutamakan pengalaman penyesuaian. Sembilan komponen dasar untuk setiap parfum yang diadaptasi ditampilkan dengan menarik, ditempatkan di latar belakang dengan warna yang berbeda, dan mendominasi desain interior seluruh toko. Dengan demikian, pelanggan segera tertarik pada elemen-elemen tersebut untuk memulai perjalanan penemuan wewangian mereka. Di sisi lain ruangan, terdapat konter besar di mana pelanggan dapat berdiskusi dan merancang campuran parfum mereka.

Kesimpulan

Contoh display ritel menjadi bagian yang tak terpisahkan dari desain signage terkini. Display yang disebutkan di atas, adalah beberapa display unggulan yang sudah diterapkan dan bisa menjadi inspirasi Anda dalam memesan display di jasa display kepercayaan Anda. Untuk informasi selengkapnya cek di Pabrik Display.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top