Pabrik Display

Mengenal Lebih Dekat Dengan Pengertian Akrilik

Mengenal Lebih Dekat Dengan Pengertian Akrilik – Pernahkah Anda mendengar apa itu akrilik? Bahan ini sering diandalkan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan tangan. Hampir semua dekorasi rumah cantik terbuat dari akrilik karena bahan ini memiliki keunggulan tersendiri.

Pengertian Akrilik
Pengertian Akrilik

Anda juga bisa membuat kerajinan sendiri hanya berbekal bahan akrilik yang murah dan mudah didapat. Apa sebenarnya bahan akrilik itu? Apa kelebihan yang membuat bahan ini lebih istimewa dari bahan dekoratif lainnya? Mari kita ulas lebih lengkap tentang Pengertian Akrilik pada pembahasan di bawah ini.

Kenali Pengertian Akrilik

Akrilik adalah bahan plastik polimer transparan yang mirip dengan kaca. Bentuknya lebih ringan, namun memiliki struktur yang lebih kuat dibandingkan kaca. Tak heran jika bahan ini sering digunakan sebagai alternatif pengganti kaca dalam pembuatan furnitur atau dekorasi rumah. Bahan akrilik biasanya dijual dalam bentuk lembaran dengan berbagai ukuran sehingga bisa diubah menjadi berbagai bentuk.

Bagaimana sejarah penemuan akrilik? Bahan ini dibuat pada tahun 1930 oleh dua ahli kimia Inggris, yaitu Rowland Hill dan John Crawford. Akrilik memiliki istilah tersendiri dalam dunia kimia yaitu polimetil metakrilat yang terbuat dari campuran asam metakrilat dan metanol. Bahan akrilik ini kemudian diberi hak paten dengan nama Perspex.

Ada juga metode pembuatan akrilik lainnya yang ditemukan oleh Otto Rohm dan Haas AG, ilmuwan Jerman pada tahun 1933. Mereka memisahkan molekul dari dua lapis kaca untuk membuat akrilik. Bahan yang mereka buat kemudian diberi hak paten dengan nama Plexiglas.

Jenis-Jenis Akrilik Yang Tersedia Di Pasaran

Ada empat jenis akrilik yang bisa Anda dapatkan di pasaran untuk membuat kerajinan tangan. Simak penjelasan jenis-jenis akrilik di bawah ini agar Anda bisa memilih bahan yang tepat.

Akrilik  Cetak

Sesuai namanya, akrilik dibuat melalui proses molding hingga menghasilkan produk lembaran. Berikut proses pembuatannya: bahan dasar akrilik dicampurkan ke dalam cairan panas. Bahan mulai meleleh dan terjadi proses kimiawi, kemudian dituangkan ke dalam cetakan. Setelah suhu mendingin, akrilik cair mulai mengeras dan siap dipasarkan.

Akrilik Ekstrusi

Akrilik jenis ini dibuat dengan menggunakan mesin, tidak seperti akrilik cetak yang membutuhkan tenaga manusia. Mesin pembuat akrilik akan menekan bahan-bahan yang tercampur di dalamnya sesuai dengan bentuk yang ingin dibuat. Harga extruded acrylic lebih murah karena hanya dibuat dengan tenaga mesin.

Akrilik Transparan

Display akrilik ini banyak ditemukan di pasaran. Anda bisa menggunakan akrilik jenis ini untuk berbagai keperluan. Hasil akhirnya bisa dimodifikasi menjadi kerajinan tangan yang lebih indah dipandang.

Akrilik Berwarna

Ada juga akrilik berwarna yang bisa menambah keceriaan di rumah Anda. Jenis akrilik ini terdiri dari berbagai warna pada lembarannya, mulai dari merah, jingga, kuning, hingga biru.

Keunggulan Akrilik Yang Perlu Anda Ketahui

Alasan banyak orang memilih akrilik tentunya karena bahan ini memiliki segudang kelebihan. Apa keuntungannya?

Tidak Mudah Patah

Sekilas dijelaskan bahwa akrilik memiliki struktur yang lebih kuat dari kaca sehingga tidak mudah pecah. Furnitur atau dekorasi yang terbuat dari akrilik akan lebih aman jika disentuh oleh anak karena bahan ini tahan terhadap benturan. Selain itu, furnitur berbahan akrilik lebih awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

Lebih Ringan Dari Kaca

Furnitur yang terbuat dari akrilik memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan kaca. Anda juga bisa memindahkan furnitur ini tanpa kesulitan, apalagi jika ingin merombak ruangan.

Tahan Terhadap Cuaca Dan Reaksi Kimia

Akrilik lebih tahan terhadap suhu dan kelembapan apa pun, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk furnitur luar ruangan. Suhu lelehnya cukup tinggi sehingga akan terbakar sendiri pada suhu 460 derajat Celcius. Selain itu, akrilik juga tahan terhadap asam dan basa organik sehingga lebih mudah dibersihkan dengan pembersih kimia.

Ramah Lingkungan

Akrilik juga tergolong aman bagi lingkungan karena tidak mengandung racun atau bahan berbahaya di dalamnya. Potongan akrilik yang tidak terpakai dapat didaur ulang menjadi karya seni yang indah.

Mudah Dibentuk

Anda dapat mengubah akrilik menjadi bentuk apapun karena cukup elastis. Tak heran jika material ini diandalkan sebagai alternatif pengganti kaca dalam pembuatan furnitur atau kerajinan tangan lainnya.

Memiliki Pandangan Yang Jelas

Hasil akhir karya akrilik selalu terlihat lebih indah karena tampilannya yang bening. Tingkat kejernihan akrilik bisa mencapai 92%, lebih tinggi dari kaca yang hanya memiliki kejernihan 89%-90%.

Demikian ulasan tentang, Mengenal Lebih Dekat Dengan Pengertian Akrilik. semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top