Pabrik Display

Cara Membuat Gantungan Kunci Akrilik Custom

Cara Membuat Gantungan Kunci Akrilik Custom – Gantungan Kunci Akrilik dapat dijadikan sebagai aksesoris yang unik dan menarik. Karena dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan Anda. Selain bentuknya yang bisa disesuaikan, Gantungan Kunci Akrilik juga terbilang mudah pembuatannya. Nah disini kami akan menjelaskan Cara Membuat Gantungan Kunci Akrilik Custom Yang Bisa Anda Pelajari.

Persiapan Model Gantungan Kunci Akrilik

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah. Menyiapkan konsep atau model yang akan dibuat, dalam hal ini bisa berupa gambar desain, ukuran, dan motif yang akan dibuat. Referensi gambar atau desain dapat ditemukan di internet dengan banyak pilihan untuk dipilih dan disesuaikan menjadi produk gantungan kunci akrilik.

Pemilihan Bahan Baku Gantungan Kunci Akrilik

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan pemilihan bahan baku yang cocok. Karena artikel ini lebih fokus pada cara membuat Gantungan Kunci Akrilik. Siapkan bahan baku akrilik yang sesuai dengan kebutuhan, meliputi ketebalan bahan, warna, dan kesesuaian dengan desain yang akan dibuat. Dan yang lebih penting adalah bagaimana mendapatkan bahan baku yang berkualitas.

Alat Dan Kelengkapan Gantungan Kunci Akrilik

Selanjutnya yang perlu dipersiapkan dalam proses pembuatan gantungan kunci akrilik adalah alat dan perlengkapan produksi. Di sini yang dimaksud dengan alat antara lain adalah alat potong, alat cetak dan alat ukir/ukir jika menggunakan model ukir. Selain alat, kelengkapan juga diperlukan untuk gantungan kunci. Kelengkapan gantungan kunci umumnya berupa cincin dan rantai sebagai pengait.

Namun ada juga yang menggunakan tali atau rantai peluru sebagai pengait. Kelengkapan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sehingga lebih custom. Gantungan Kunci Akrilik lengkap bisa Anda temukan di Toko Akrilik dengan Kategori Aksesoris Akrilik.

Tahap-Tahap Membuat Gantungan Kunci Akrilik Custom

Sekarang memasuki tahapan/langkah pembuatan gantungan kunci akrilik custom unik sesuai desain sendiri. Sesuai dengan penjelasan singkat di atas, ada 3 poin utama yang perlu dilakukan. Namun penjelasan ini akan menjelaskan secara lebih rinci tahapan dari awal hingga menjadi produk jadi. Membuat gantungan kunci akrilik kali ini Kami telah menetapkan contoh konsep sebagai berikut:

  • Desain gantungan kunci akrilik custom dengan karakter Anime.
  • Cetak gambar dengan pencetakan UV 1 sisi Cermin/gambar tampak dalam.
  • Bahan baku yang digunakan adalah akrilik bening dengan ketebalan 2mm.
  • Pengait menggunakan Ring dan rantai.
  • Panjang Gantungan Kunci Akrilik 5 cm, lebarnya bisa disesuaikan.
  • Proses pemotongan menggunakan mesin laser.

Langsung saja berikut langkah-langkah membuat gantungan kunci akrilik custom karakter anime :

Cara Membuat Gantungan Kunci Akrilik Custom

Persiapan Desain Dan Model

Tahap pertama adalah mencari Aset Desain yang akan dibuat, dalam hal ini gambar anime sebagai modelnya. Aset gambar dapat diunduh dari Google atau sumber lain yang dapat disesuaikan. Pilih gambar dalam format PNG untuk memudahkan proses desain di setiap program desain. Bagi yang belum tahu apa perbedaan format gambar JPG dan PNG, bisa cek di sini. Pastikan untuk menyimpan semua aset desain yang akan dibuat di folder yang sama untuk setiap proyek agar lebih terstruktur dan lebih mudah mengelola file.

Selanjutnya masuk ke tahap Design aset yang sudah terkumpul. Desain ini meliputi model, ukuran, dan tata letak gambar sehingga hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan setelah dicetak. Desain program dapat disesuaikan dengan program yang biasa digunakan. Rekomendasi program desain simple dan mudah bisa menggunakan Corel Draw atau Illustrator. Tahapan desain lebih detail akan dijelaskan pada artikel berikut tentang Membuat Desain Gantungan Kunci dengan Corel Draw.

Setelah semua aset terkumpul dan desain, tata letak dan pengaturan ukuran sudah dibuat, selanjutnya masuk ke tahap pemotongan bahan akrilik sebagai bahan utama. Karena model gantungan kunci akrilik kali ini adalah UV printing maka langkah yang perlu dipersiapkan sebelum proses pencetakan adalah pemotongan sesuai model dan ukuran dengan menggunakan mesin laser. Jika Anda tidak memiliki mesin laser, Anda bisa menggunakan Jasa Laser Cutting dari toko akrilik dengan harga terjangkau.

Kemudian masuk ke proses pencetakan UV. Anda perlu berhati-hati pada tahap ini karena jika salah setting atau tata letak akrilik yang salah, maka hasilnya tidak akan seakurat desain di komputer. Sebelum proses pencetakan, pastikan semua kertas pelapis akrilik telah dilepas.

Baca Juga : Cara Memilih Pabrik Akrilik Terpercaya

Kemudian lapisi bagian akrilik yang akan dicetak dengan cairan pelapis agar tinta tidak mengelupas/pudar. Setelah semuanya siap, letakkan akrilik sesuai posisinya di papan cetak dan jalankan proses pencetakan.

1 thought on “<mark><strong>Cara Membuat Gantungan Kunci Akrilik Custom</strong></mark>”

  1. Pingback: Lebih Mengenal Tentang Apa Itu Huruf Timbul - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top