Pabrik Display

Cara Membuat Huruf Timbul Dan Interior Yang Dapat Anda Coba

Cara Membuat Huruf Timbul Dan Interior Yang Dapat Anda Coba – Pemberian label atau penamaan tempat usaha adalah wajib. Hal ini karena konsumen dapat dengan mudah mengenalinya. Bayangkan jika tempat usaha anda tidak memiliki nama di bagian depan gedung. Tentu konsumen akan banyak bertanya dan bingung mencarinya. Untuk itu, perlu memberikan nama yang menggambarkan dengan jelas bisnis anda.

Huruf Timbul Dan Interior
Huruf Timbul Dan Interior

Salah satu nama yang bisa anda pilih adalah dengan menggunakan Huruf Timbul Dan Interior yang artistik untuk menamai tempat usaha anda. Banyak perusahaan juga melakukan hal yang sama untuk menunjukkan seberapa kuat dan tingkat kepercayaan yang mereka miliki. Pada dasarnya, anda bisa membuat tulisan dengan huruf timbul dan interior jika anda mampu dan memiliki bahannya.

Bahan-Bahan Membuat Huruf Timbul dan Interior

Kertas Pola

Kertas pola sangat penting untuk membuat huruf timbul. Tulisan yang ingin dicetak sudah disiapkan dalam bentuk kertas terlebih dahulu sehingga bisa dijiplak pada bahan dasar untuk membuat huruf timbul. Untuk membuat pola ini, anda bisa menuliskannya secara manual atau menggunakan komputer.

Plat

Huruf timbul umumnya dibuat di atas plat. Hal ini berkaitan dengan tingkat keawetannya karena biasanya digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, plastik tidak disarankan karena mudah rusak. Bahan pelat yang biasa digunakan antara lain stainless steel, kuningan, aluminium dan galvanis atau akrilik. Bahan tersebut dipilih karena tidak mudah berkarat sehingga dapat bertahan lama.

Cat Besi

Agar lebih artistik dan lebih awet, anda bisa mengecatnya. Cat yang digunakan bisa menggunakan cat besi sehingga menempel dengan baik. Kalaupun tidak ada pengecatan, anda bisa memolesnya agar huruf timbul menjadi lebih mengkilat dan halus.

Cara Membuat Huruf Timbul dan Interior

Siapkan Desain

Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan desain tulisan yang akan dicetak dengan huruf timbul. Pastikan anda telah memilih nama terbaik untuk bisnis atau perusahaan anda.

Model surat juga dapat ditentukan terlebih dahulu agar sesuai dengan keinginan dan target pemasaran yang diinginkan oleh perusahaan. Pembuatan desain ini dapat dilakukan dengan cara menulis secara manual atau dengan menggunakan komputer.

Anda dapat menggunakan aplikasi yang tersedia di komputer anda untuk mencari referensi desain model huruf yang diinginkan. Anda dapat membuka microsoft word dan kemudian menjelajahi jenis gaya font untuk menemukan inspirasi. Selanjutnya, anda dapat menulis sesuai keinginan.

Siapkan Bahan Dan Alat

Bahan untuk membuat huruf timbul merupakan hal yang paling penting. Anda bisa memilih sesuai dengan budget yang sudah disiapkan. Selanjutnya siapkan lem yang digunakan untuk merekatkan kertas pola pada plat, gergaji, gunting plat, mesin gerinda, solder dan timah.

Pemotongan Plat Untuk Huruf Timbul Dan Interior

Jika bahan dan alat sudah siap, selanjutnya adalah pekerjaan. Tempelkan kertas pola yang telah dibuat pada plat. Kemudian potong plat tersebut menggunakan gergaji atau gunting plat sesuai dengan pola yang diinginkan.

Pastikan saat memotong sesuai desain. Untuk membuatnya menjadi model 3 dimensi, langkah selanjutnya adalah menambahkan kaki atau telinga pada huruf yang dipotong.

Potonglah Plat Mengikuti Model Pinggiran Huruf

Ukurannya tergantung pada kebutuhan anda. Semakin besar kaki atau telinga yang anda potong, semakin tebal hurufnya. Ini bisa disesuaikan dengan desain dan keinginan anda.

Pematrian

Kaki atau lobus yang sudah dipotong dan sesuai dengan tepi potongan emboss, langkah selanjutnya adalah melakukan penyolderan atau penyambungan. Potongan huruf dan kaki atau telinga dapat disatukan dengan bantuan solder dan timah. Pastikan setiap bagian terhubung dengan rapi dan sempurna.

Finishing Huruf Timbul Dan Interior

Setelah semua potongan huruf dan kaki atau telinga sudah menyatu dengan sempurna, langkah terakhir adalah finishing. Anda bisa memolesnya menggunakan mesin gerinda agar hasilnya lebih mengkilat dan halus. Setelah selesai, anda juga bisa mengecatnya. Namun, jika anda tidak mau, tidak masalah jika anda menggunakan huruf timbul.

Baca juga : <strong>Jenis-Jenis Neon Box Untuk Restoran Bisa Kamu Lihat</strong>

Selain membuat huruf timbul anda bisa membuatnya sendiri di rumah, anda juga bisa memesan jasa pembuatan huruf timbul. Cara ini adalah cara yang paling mudah sekaligus tepat. Ini karena mereka pasti lebih berpengalaman dalam hal ini.

Hasilnya pasti akan berkualitas baik dan memiliki lebih banyak desain untuk dipilih sesuai dengan keinginan anda. Demikian ulasan tentang Cara Membuat Huruf Timbul Dan Interior Yang Dapat Anda Coba, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top