Pabrik Display

Cara Membuat Huruf Timbul Plat

Cara Membuat Huruf Timbul Plat harus Anda perhatikan dengan penuh. Pasalnya, Huruf timbul pada plat signage menjadi elemen penting dalam menciptakan tanda yang menarik dan informatif. Proses pembuatannya melibatkan beberapa teknik penyolderan dan pembentukan material.

Mari jelajahi lebih dalam dari cara membuat salah satu elemen signage yang penting di bawah ini!

8 Cara Membuat Huruf Timbul Plat

Desain Huruf

Hal pertama yang harus dimiliki dalam proses pembuatan huruf timbul adalah contoh desain sebagai panduan. Keberadaan desain ini sangat penting untuk mencegah kesalahan pembuatan yang mungkin terjadi jika tidak sesuai dengan harapan. Fokus utama Anda akan tertuju pada desain yang telah dibuat sebelumnya.

Saat membuat desain, perhatikan detail ukuran dan jenis huruf yang akan digunakan. Anda dapat menggunakan perangkat lunak atau aplikasi pengedit gambar populer seperti Corel Draw, Photoshop, dan Microsoft Publisher untuk mempermudah proses desain.

Pembuatan Pola

Setelah menyelesaikan tahap awal, langkah berikutnya adalah membuat pola. Biasanya, pola ini dibuat menggunakan bahan seperti kertas manila dengan bantuan mesin cutting stiker. Mengapa perlu membuat pola terlebih dahulu? Tujuannya sangat jelas, yaitu membentuk pola yang akan dipotong pada plat stainless. Pendekatan ini diterapkan khususnya untuk memastikan bahwa potongan pola pada plat tidak akan meleset atau tidak sesuai dengan pola atau huruf yang diinginkan. Dengan cara ini, kesalahan dalam pemotongan dapat diminimalkan, dan hasil akhirnya dapat mencerminkan desain yang diharapkan.

Pemotongan Plat

Setelah menyelesaikan tahap pembuatan pola di kertas, langkah selanjutnya adalah langsung memotong atau menggunting kertas mengikuti pola yang telah dibuat. Kemudian, tempelkan lembar pola tersebut pada plat. Untuk memotong plat, gunakan alat potong plat atau jigsaw dengan maksimal ketebalan plat 2 mm. Penting diingat, pembuatan huruf timbul berarti ada bagian yang menonjol, sehingga perlu dilakukan pemotongan pada bagian muka, sisi samping, dan keliling huruf. Proses ini umumnya disebut sebagai frame samping atau daun.

Teknik Letter Bending merupakan salah satu metode yang efektif untuk membentuk huruf timbul pada plat. Proses ini umumnya terkait dengan pembuatan huruf timbul yang memiliki desain tiga dimensi.

Teknik Letter Bending memungkinkan pembuatan huruf dengan kontur yang halus dan tajam, memberikan hasil akhir yang profesional dan menarik.

Penyambungan Frame dengan Patri

Setelah proses pemotongan selesai, langkah berikutnya adalah menyatukan bagian frame depan, samping, dan kelilingnya menjadi satu kesatuan. Terutama jika menggunakan plat stainless atau besi, penyambungannya dilakukan melalui proses patri.

Setelah semua bagian tergabung, lanjutkan dengan tahap penghalusan dan penataan sekeliling sambungan. Gunakan grinda halus untuk meratakan dan menghaluskan permukaannya. Tujuan dari proses ini adalah mencapai kehalusan yang maksimal, sehingga huruf timbul tampak halus dan mengkilap.

Perhatikan lokasi penempelan huruf, terutama jika huruf tersebut ditempatkan di dalam ruangan. Gunakan karet spoon di bagian belakang huruf untuk penempelan yang lebih lembut.

Baca Juga : Neon Box Standing

Namun, jika huruf timbul akan ditempatkan di luar ruangan, sebaiknya gunakan angkur untuk menjaga kekuatannya. Angkur juga berfungsi sebagai penopang huruf pada dinding dan media lainnya.

Pembersihan Huruf Timbul

Sebelum Anda memasang plat huruf timbul, langkah awal yang penting adalah membersihkannya dari debu atau kotoran yang mungkin menempel selama proses pembuatan.

Caranya cukup sederhana, gunakan kain lembut untuk menggosok bagian huruf timbul. Penting untuk menghindari penggunaan kain kasar karena dapat mengakibatkan goresan pada plat. Selain itu, tambahkan sentuhan ekstra dengan menggunakan cairan pembersih seperti WD 40 atau kit cari untuk memberikan kesan mulus dan halus pada plat huruf timbul.

Kesimpulan

Dalam proses membuat huruf timbul dari plat, keseluruhan langkah-langkah melibatkan kreativitas, ketelitian, dan keterampilan. Dari pemilihan plat yang sesuai, proses pembentukan huruf dengan teknik seperti penyolderan, hingga pemotongan plat yang presisi, setiap tahap memiliki peran penting dalam menghasilkan hasil akhir yang memukau.

Selain itu, pengetahuan tentang jenis material yang digunakan, seperti plat stainless, dapat memberikan dimensi estetika dan daya tahan yang lebih.

Dengan menggabungkan keterampilan teknis dan kreativitas, Anda dapat menciptakan huruf timbul yang tidak hanya berfungsi sebagai elemen komunikasi visual, tetapi juga sebagai karya seni yang memikat. Selamat mencoba dan berkreasi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top