Pabrik Display

Cara Membuat Neon Box Sendiri Dirumah Dengan Mudah

Cara Membuat Neon Box Sendiri Dirumah Dengan Mudah – Orang bisa Membuat Neon Box sendiri dari rumah. Yaitu dengan memanfaatkan kayu sebagai materialnya. Cara membuat neon box dari kayu adalah membuatnya seperti laci atau kotak kayu biasa. Cara kerja neon box buatan sendiri tentunya lebih sederhana dibandingkan dengan neon box yang dibeli dengan bahan yang bagus.

Namun tidak ada salahnya dan membuat neon box sederhana dari kayu ternyata memiliki estetika tersendiri. Dalam pembuatannya, kayu yang anda gunakan tidak harus kayu mahal yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dalam menghaluskannya. Bisa menggunakan kayu bekas dari kotak buah atau palet termasuk triplek sudah cukup. Intinya tidak harus menjadi tukang kayu jika ingin membuat neon box.

Beberapa Cara Membuat Sendiri Neon Box Dari Kayu

Cara membuat neon box sendiri dari kayu agar lebih mudah dan praktis, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Tapi setidaknya sudah paham dasar-dasar pertukangan. Mengingat cara membuat neon box dari kayu sangat erat kaitannya dengan proses pertukangan. Minimal bisa mengukur, memotong, dan memaku kayu sudah cukup untuk berkreasi membuat neon box. Nah, berikut beberapa langkahnya.

Persiapan

Hal yang perlu dilakukan masyarakat sebelum memulai proses pembuatan neon box adalah melakukan persiapan. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan selama proses kerja dapat dipersiapkan. Seperti berbagai peralatan dan bahan pembuatannya. Contohnya seperti berikut ini.

  • Kayu palet (plywood 6 mm);
  • Gergaji, palu, paku, pensil, pengukur segitiga siku-siku,  obeng, pemotong;
  • Ampelas;
  • Lem kayu bisa menggunakan lem rubah;
  • Lampu neon 10 watt (3 buah) atau lampu strip led;
  • Jangan lupa siapkan juga desain billboard yang menarik;
  • Baut.

Pembuatan Kotak

Selanjutnya silahkan haluskan kayu pallet atau triplek tersebut dengan menggunakan amplas. Kemudian potong kayu sesuai ukuran secara bertahap dan hati-hati agar ukurannya rapi. Gunakan lem pada area sambungan sebelum memaku atau mengencangkannya.

Sehingga nantinya bisa lebih presisi dan rapi. Sekrup berguna untuk meminimalisir kerusakan pada kayu. Tolong buat kotak di sekeliling bagian belakang kotak yang luasnya luas. Bagian ini nantinya akan ditempati oleh desain billboard anda.

Desain

Proses desain sebenarnya bisa dilakukan secara manual. Namun bisa juga melalui percetakan berupa stiker atau spanduk. Untuk mencetak desain manual, anda bisa menggunakan teknik sablon. Yaitu mengiris dan membuat lubang pada teks untuk mengeluarkan cahaya dari neon melalui celah tersebut.

Agar kontrasnya lebih besar, warna area di sekitar tulisan bisa menggunakan warna hitam. Cara yang paling sederhana tentunya adalah dengan membuat desain dalam bentuk cetak yaitu menggunakan spanduk atau stiker.

Perakitan

Jika proses sebelumnya sudah beres, selanjutnya adalah pemasangan lampu atau lampu neon ke dalam box frame. Tapi pastikan semua lampu bisa menyala. Backing pada frame box dapat dibuat dari kaca yang digunakan sebagai alas desain billboard sebelum proses pengeleman.

Gunakan sekrup sebagai perekat dengan hati-hati agar kaca tidak pecah. Lakukan setiap proses dengan selalu menjaga kerapian neon box. Dan proses selesai. Neon box kayu buatan sendiri ini tidak cocok untuk anda tempatkan di luar ruangan. Jadi bisa dikatakan

Hal Penting Yang Harus Diketahui

Resolusi

Resolusi merupakan hal utama untuk diperhatikan ketika membuat gambar yang digunakan untuk neon box. Gambar tentunya harus beresolusi tinggi dan cetakannya juga harus sehalus mungkin karena jika cetakannya kurang halus tentu akan membuat hasil neon boox saat lampu dinyalakan terlihat kurang bagus.

Jadi, sebelum diproses, penting untuk memastikan gambar yang dipilih memiliki resolusi tinggi dan dicetak menggunakan mesin yang berkualitas untuk menghasilkan gambar yang sempurna.

Pekat

Selain memperhatikan resolusi, penting juga memperhatikan tingkat kerapatan gambar. Mengingat gambar untuk neon box akan diterangi oleh lampu yang sangat terang, maka harus dipastikan bahwa gambar tersebut cukup padat. Tujuannya agar tidak luntur saat terkena cahaya.

Baca juga : Ide Kerajinan Dari Bahan Akrilik Dan Peluang Bisnisnya

Itu sebabnya gambar untuk neon box umumnya dicetak dua kali atau overprint dan anda juga bisa menggunakan bahan doubleside, di mana kedua sisi bahan memiliki gambar. Dengan begitu, hasil foto lebih pekat dan saat terkena cahaya akan terlihat bagus.

Demikian ulasan tentang Cara Membuat Neon Box Sendiri Dirumah Dengan Mudah, semoga bermanfaat.

0 thoughts on “Cara Membuat Neon Box Sendiri Dirumah Dengan Mudah”

  1. Pingback: Apa Yang Dimaksud Dengan Pajak Reklame? - Pabrik Display

  2. Pingback: Cara Mudah Merawat Huruf Timbul Yang Benar - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top