Pabrik Display

Faktor Penentu Harga Billboard

Faktor Penentu Harga Billboard menjadi penentu yang dihitung menggunakan matriks variabel. Tidak ada standar harga yang diterapkan di seluruh pasar atau oleh Pemilik Media, sehingga memberikan perkiraan biaya seringkali merupakan tugas yang kompleks. Menilai sejauh mana setiap faktor memengaruhi harga Billboard seringkali bersifat subjektif, tetapi kita dapat memiliki pemahaman yang solid tentang apa yang memengaruhi kenaikan atau penurunan harga Billboard.

5 Faktor Penentu Harga Billboard

Penawaran dan Permintaan OOH

Pasokan dan permintaan untuk Billboard bisa menjadi hal yang kompleks, namun keduanya seringkali menjadi penentu biaya terbesar. Permintaan yang tinggi untuk Billboard “populer,” yang biasanya memiliki banyak pengiklan bersaing untuk mendapatkan ruang, dapat mengakibatkan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Billboard yang memiliki tingkat hunian historis yang lebih rendah. Sebagai contoh, jika suatu unit tidak terjual dalam waktu yang lama, pemilik media mungkin akan menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan unit yang selalu terjual habis.

“Tingkat okupansi” pemilik media mengacu pada sejauh mana Billboard di suatu daerah (biasanya kota atau “pasar”) disewa oleh pengiklan. Hal ini dihitung dengan membagi jumlah unit yang terjual dengan jumlah total unit. Tingkat okupansi yang sehat berada pada kisaran 75-85%. Meskipun tidak mencapai 100%, hal ini disebabkan oleh beberapa unit yang mungkin terhambat atau tidak diinginkan sama sekali. Pemilik media juga menghadapi beberapa “kesenjangan” atau gesekan ketersediaan, terutama ketika akhir kampanye pada suatu unit tidak sesuai dengan tanggal mulai kampanye berikutnya. Faktor-faktor ini dapat membuat tingkat okupansi sebesar 85% terasa seperti kondisi “terjual habis.”

Lokasi Billboard

Faktor Penentu Harga Billboard selanjutnya adalah lokasi billboard. Umumnya, biaya pemasangan baliho di daerah dengan lalu lintas yang padat dan banyak penduduk cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pedesaan yang memiliki populasi lebih sedikit. Selain itu, harga di pasar tertentu dapat berbeda satu sama lain. Jika suatu pasar memiliki sedikit pemilik media, tarifnya mungkin lebih tinggi. Persaingan yang kurang di antara pemilik media dalam suatu pasar dapat mengakibatkan penetapan harga yang lebih tinggi. Meskipun berada dalam pasar yang sama, tergantung pada lokasi spesifik billboard, dua billboard dengan atribut hampir sama dapat memiliki perbedaan harga yang signifikan.

Billboard statis atau Billboard Digital?

Billboard hadir dalam berbagai format dan ukuran. Baliho Digital, sering disebut sebagai “billboard elektronik” atau “billboard LED,” biasanya menampilkan iklan secara bergiliran antara 6 hingga 8 pengiklan.

Membeli seluruh ruang iklan secara bergilir untuk mencapai 100% Share of Voice (SOV) di Billboard Digital dapat menimbulkan biaya 4-6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan Billboard statis yang memiliki spesifikasi serupa. Sebagian besar merek dan bisnis kecil memanfaatkan Billboard Digital untuk memasuki ruang iklan luar ruang. Hal ini dikarena biaya SOV yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Billboard statis tradisional yang cenderung lebih murah. Selain itu, tidak diperlukan biaya produksi tambahan yang terkait dengan pencetakan iklan vinil fisik.

Visabilitas Billboard

Baliho yang mudah terlihat tanpa gangguan biasanya memiliki biaya iklan yang lebih tinggi dibandingkan dengan baliho serupa yang mungkin memiliki halangan pandang. Hampir setiap perusahaan papan reklame memiliki unit yang “tidak dapat dijual,” yang tidak akan pernah dijual karena terhalang oleh kendala berat seperti vegetasi, bangunan, rambu-rambu di lokasi, perubahan arah lalu lintas, atau masalah akses properti di luar kendali pemilik papan reklame. Memahami dinamika pasar dan inventaris sering kali diperlukan untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan ini atau memanfaatkan peluang harga yang lebih rendah.

Durasi Kampanye Luar Ruangan dan Ukuran Pembelian

Faktor Penentu Harga Billboard terakhir adalah kampanye iklan Billboard yang memiliki durasi lebih lama dapat mengakibatkan penurunan tingkat kontrak unit. Diskon umum sekitar 5-10% dapat dinikmati jika pengiklan bersedia berkomitmen untuk periode satu tahun (52 minggu). Selain itu, cara lain untuk meningkatkan nilai dari kampanye iklan luar ruang Anda adalah dengan melakukan pembelian dalam jumlah besar. Semakin besar jumlah pembelian, semakin rendah biaya rata-rata per unitnya.

Kesimpulan

Iklan pada papan reklame dapat menjadi opsi yang sangat efektif untuk mencapai audiens besar dan memberikan dampak yang berarti. Mereka dapat melengkapi format iklan luar ruang (OOH) dan media kampanye lainnya untuk memperkuat pesan yang ingin Anda sampaikan. Jika Anda sedang mempertimbangkan penggunaan iklan Billboard dalam kampanye berikutnya Anda, jangan ragu untuk menghubungi ahli OOH kami di Billups. Kami siap membantu Anda mengidentifikasi strategi OOH yang paling efektif untuk mencapai tujuan kampanye Anda. Informasi menarik lainnya hanya di Pabrik Display.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top