Pabrik Display

Kelebihan Dan Kekuangan Konsep Desain Interior Open Space

Kelebihan Dan Kekuangan Konsep Desain Interior Open Space – Interior open space adalah istilah lain dari desain ruang terbuka yang diterapkan pada bagian dalam rumah. Interior open space menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu dan konsepnya dibuat terbuka alias tanpa sekat.

Interior open space
Interior open space

Dengan menerapkan konsep bukaan pada beberapa ruangan yang nantinya akan digabungkan, fungsi masing-masing juga akan sedikit bergeser.

 Meski tentunya fungsi utama setiap ruangan akan tetap melekat, alias tidak akan hilang sama sekali. Bagi sebagian orang, konsep ini sangat bagus karena memiliki beberapa kelebihan seperti sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih lancar.

Ini termasuk kebebasan yang bisa didapat karena hilangnya sekat antar ruangan. Jika anda termasuk orang yang tertarik menerapkan konsep desain ini di rumah anda, sebaiknya pelajari dulu kelebihan dan kekurangannya.

Diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga anda, karena tidak semua individu memiliki pandangan yang sama tentang konsep rumah yang nyaman. Sebenarnya ada banyak ruangan yang bisa disatukan. Namun, umumnya ruang terbuka yang digabungkan terdiri dari ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Ruang tamu karena berkaitan erat dengan privasi, sehingga kurang tepat untuk menciptakan konsep ruang terbuka.

Tujuan menyatukan ruangan-ruangan ini sebenarnya sederhana. Misalnya, anda bisa menikmati memasak lalu makan bersama sambil menonton film di satu ruang terbuka dalam rumah yang sama tanpa terhalang sekat.

Ketiga ruangan tersebut masih menjadi favorit para pecinta desain minimalis untuk menyatu dalam konsep ruang terbuka. Alasannya karena sebelumnya, pergerakan aktivitas menjadi lebih mudah. Meski terlihat menarik, tentunya tidak semua orang menyukai konsep ini.

Jadi meski rumah memungkinkan untuk konsep terbuka, tetap saja tidak terwujud. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari konsep interior ruang terbuka ini. Tujuannya agar keputusan matang berdasarkan pertimbangan. Sebelum itu anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan konsep desain interior open space.

Kelebihan Interior Open Space

Desain Yang Modern Dan Kekinian

Tren ruang terbuka akhir-akhir ini banyak dipraktikkan pada rumah minimalis kecuali bagian eksterior. Sedangkan interior bergaya open space ini bisa menarik banyak peminat karena konsepnya memang kontemporer. Tentu anda juga tidak ingin ketinggalan dengan trend yang sedang trend saat ini. Mengusung konsep interior open space tidak hanya sebatas tren tetapi juga membuat interior rumah terlihat lebih baik secara tampilan.

Rumah Terasa Lebih Luas

Karena konsepnya yang terbuka tanpa sekat, maka interior bergaya ruang terbuka memungkinkan bagian dalam rumah anda terlihat lebih luas dan terang. Bagi pemilik desain rumah minimalis, terutama yang berukuran kecil, manfaat ini sangat penting.

Sebab, jika ingin melakukan aktivitas apapun yang sebelumnya terhalang dinding/tembok pembatas, tidak ada kendala dan itu membuatnya lebih fleksibel. Selain terasa lebih luas, efek lain yang bisa didapatkan saat menjalankan konsep desain interior ruang terbuka adalah efek terang/bright. Dengan sirkulasi udara yang baik dan cahaya terang yang masuk ke seluruh sudut ruangan, rumah anda akan lebih dari sekedar hunian biasa.

Menghemat Anggaran Pembangunan Rumah

Lebih irit atau tidaknya sebenarnya tergantung dari detail konsep yang diusung. Jika konsep konsep rumah minimalis terbuka untuk interior yang anda usung, sederhana dan tidak menambah banyak properti baru, maka sangat memungkinkan untuk lebih hemat budget.

Misalnya pada konsep tidak adanya dinding yang biasanya terdapat pada keempat sisi ruangan. Jadi menghilangkannya berarti membantu menghemat biaya pembuatan dinding, poles cat dan sebagainya.

Kekurangan Desain Interior Open Space

Meski kelebihannya cukup menggiurkan, ternyata konsep ini juga memiliki kekurangan. Nah, apa kekurangannya?

Privasi Kurang Terjaga

Ya, dengan konsep terbuka dimana anda bisa mengakses beberapa ruangan tanpa sekat, aktivitas juga bisa dengan mudah terlihat. Hal ini tentu membuat tidak nyaman bagi sebagian orang yang menginginkan privasi tinggi.

Baca juga : Cara Membuat Neon Box Akrilik Dengan Mudah

Interior open space Berpotensi Monoton Jika Konsepnya Setengah Hati

Hal lain yang bisa dianggap sebagai kelemahan desain ruang terbuka adalah kemungkinan hasil desain akan terlihat monoton. Apalagi jika konsepnya tidak jelas sejak awal. Oleh karena itu, jika menginginkan hasil desain yang bagus, anda harus merencanakannya dengan matang dan berani berinvestasi untuk mensukseskan konsep ini.

Demikian ulasan tentang Kelebihan Dan Kekuangan Konsep Desain Interior Open Space, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top