Pabrik Display

Mengetahui Pengertian Beserta Sejarah Desain Interior

Mengetahui Pengertian Beserta Sejarah Desain Interior – Desain interior adalah salah satu cabang seni dan desain yang berfokus pada perancangan ruang dan berbagai elemennya dalam sebuah bangunan.

sejarah Desain Interior
Sejarah Desain Interior

Banyak yang beranggapan jika desainer interior sama dengan dekorator interior. Padahal memilih sekaligus mencocokkan dekorasi hanya bagian kecil dari desain interior. Maka dari itu anda harus mengetahui pengertian dan sejarah Desain Interior.

Pengertian Desain Interior

Desain interior adalah proses menyusun dan menciptakan elemen interior menjadi satu kesatuan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu, baik dari segi estetika, maupun keamanan dan kenyamanan ruangan.

Pengertian di atas diperkuat dengan pernyataan Suptandar (1995, hlm. 11) bahwa desain interior adalah ilmu atau cara menata ruangan sehingga memenuhi persyaratan kenyamanan, kepuasan, kebutuhan jasmani dan rohani serta keamanan bagi pemakainya tanpa mengabaikan faktor estetika.

Pengertian Desain Interior Berdasarkan Arti Katanya

Berdasarkan arti leksikal atau kata dari definisi kamus, kita dapat mengetahui lebih jauh tentang arti desain interior. Desain interior tentunya terdiri dari dua kata yaitu “desain” dan “interior”. Berikut adalah penjelasan dari setiap kata yang membentuk frase Desain Interior.

Definisi Desain

Desain interior terdiri dari dua suku kata yaitu “desain” dan juga “interior”. Dalam KBBI design berarti “framework; design”, jadi design adalah kegiatan mendesain suatu desain. Namun arti kata design tidak dapat dijelaskan secara sederhana.

Design merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu “design”. Desain sendiri dalam kamus oxford adalah denah atau gambar yang dibuat untuk memperlihatkan tampilan dan fungsi suatu bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum benar-benar dibuat. , agar nantinya sesuatu yang telah dirancang berfungsi dengan baik dan terlihat menarik.

Pengertian Interior

Interior sendiri dalam KBBI adalah bagian dalam bangunan (ruangan dan sebagainya) atau penataan perabot (hiasan dan sebagainya) di dalam ruangan dalam bangunan dan sebagainya. Sehingga terasa cukup jelas apa yang dimaksud dengan interior.

Berdasarkan arti kata tersebut dapat disimpulkan bahwa desain interior adalah perancangan bagian dalam suatu bangunan sebelum benar-benar dibuat, agar bagian dalam bangunan berfungsi dengan baik dan memiliki tampilan yang menarik.

Sejarah Desain Interior

Sama seperti seni rupa, sejarah desain juga sangat bergantung pada artefak yang tersisa terkait dengan desain interior. Ini juga berlaku untuk desain interior. Berdasarkan artefak yang ditemukan, terlihat bahwa setiap budaya memiliki pola perkembangan desain interior yang berbeda.

Setiap peradaban mengembangkan gaya furnitur dan dekorasi ruangan berdasarkan budaya dan ketersediaan bahan di wilayah geografis masing-masing.

Perkembangan Interior di Mesir, Yunani dan Romawi Kuno

Salah satu peradaban tertua yang diketahui telah mempraktikkan desain interior sejak lama adalah peradaban Mesir Kuno. Dengan demikian, kita bisa menelusuri perkembangan peradaban Mesir Kuno untuk mengetahui sejarah perkembangan desain interior.

Banyak tradisi seni yang berasal dari Mesir karena bangsa Mesir Kuno sudah memiliki keterampilan kerajinan yang tinggi. Orang Mesir mampu menciptakan berbagai produk seni estetik meskipun memiliki alat yang terbatas.

Seni tatahan pada furnitur merupakan penemuan berharga. Bahkan penemuannya masih digunakan sampai sekarang. Selain itu, Mesir adalah penenun yang terampil dan pembuat furnitur yang hebat, yang dari masa lalu telah menggunakan sambungan konstruksi yang masih umum digunakan hingga saat ini, seperti: konstruksi pas, tanggam, dan duri.

Selain Mesir, beberapa budaya kuno lainnya yang dapat menjadi cikal bakal desain interior adalah Yunani Kuno dengan bangunan kunonya yang lebih menitik beratkan pada kuil dan bangunan publik (harta bersama) yang memiliki fungsi religius. Kemudian orang Romawi yang merupakan kebalikan dari orang Yunani terkenal dengan bangunan dan interior yang lebih praktis untuk kepentingan duniawi.

Perkembangan Interior Renaisans

Perkembangan utama dalam sejarah desain interior juga terlihat pada era renaisans Italia, dimana semua aktivitas artistik mencapai masa kejayaannya. Pada masa ini perkembangan seni didukung oleh kaum bangsawan dan orang-orang berpengaruh melalui kekayaan mereka.

Baca juga : Cara Membuat Neon Box Akrilik Dengan Mudah

Axel von Saldem (1987) pada penelitian sejarah desainnya menemukan jika pada akhir abad ke-16, pada Italia terdapat kata “designo esterno” yang artinya “pekerjaan yang telah diselesaikan”. Saat itulah desain interior dan dekorasi interior mulai mendapat peran khusus sehingga diduga sejarah desain interior dimulai dari era ini.

Demikian ulasan tetntang Mengetahui Pengertian Beserta Sejarah Desain Interior, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top