Pabrik Display

Pengertian Reklame Media Visual

Pengertian Reklame Media Visual – Pernahkah Anda mendengar tentang Reklame media visual? Ukurannya bervariasi dari bentuk kecil yang dapat berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya hingga bentuk besar yang dipasang pada tiang yang menjulang tinggi.

Apa Itu Reklame Media Visual?

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, Reklame adalah memberikan pemberitahuan kepada masyarakat tentang barang dagangan, dengan pujian atau gambar dan sebagainya yang bertujuan agar barang dagangan tersebut lebih laku. Pengertian reklame menurut Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2012 tentang Tata Cara Perizinan Reklame adalah benda, alat, perbuatan atau media yang menurut bentuk dan polanya bertujuan untuk diperdagangkan.

Dan digunakan untuk memperkenalkan dan merekomendasikan suatu barang, jasa atau orang. , atau untuk menarik perhatian publik terhadap suatu barang, jasa, atau orang. Reklame ini dipasang atau dapat dilihat, dibaca, dan didengar dari suatu tempat oleh masyarakat kecuali yang dilakukan oleh pemerintah.

Sementara itu, mengutip Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI, media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan, seperti film strip, slide, film bisu, foto atau gambar, grafik, globe atau peta, bagan atau bagan, diagram. , dan OHP. Hal yang membedakannya dengan media audio visual adalah media audio visual memiliki unsur suara dan gambar.

Jenis media ini memiliki kemampuan yang lebih baik karena mencakup jenis media pertama dan kedua atau gambar dan suara. Singkatnya, Reklame media visual adalah sebuah gambar yang menawarkan atau mempromosikan barang dagangan atau jasa kepada masyarakat sehingga mereka tertarik untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Ciri-Ciri Reklame Media Visual

Ada beberapa ciri khusus yang membedakan dengan berbagai media promosi lainnya. Sifat ini menunjukkan bahwa suatu media promosi dapat disebut sebagai Reklame media visual. Berikut ciri-cirinya:

Singkat, Jelas Dan Mudah Dipahami

Reklame pada umumnya hanya menggunakan kalimat-kalimat yang singkat, jelas, dan mudah dipahami oleh masyarakat umum, tanpa batasan kelas dan ekonomi.

Menarik Dan Mencolok

Reklame harus dibuat dengan komposisi desain dan warna yang mencolok agar dapat menarik perhatian masyarakat luas.

Dilakukan Berulang Kali

Reklame seringkali disampaikan secara berulang-ulang agar semakin banyak orang yang mengetahui bahkan mengingat pesan yang disampaikan.

Contoh Reklame Media Visual

Spanduk

Contoh billboard pertama yang bisa kita jumpai sehari-hari adalah spanduk, yaitu billboard yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas dengan cara strategis menggunakan kain yang direntangkan di antara dua tiang.

Brosur

Brosur adalah contoh Reklame yang dibuat pada selembar kertas yang berisi informasi yang detail dan jelas. Contoh papan reklame ini biasanya dibagikan secara hand-to-hand secara luas dan langsung agar pembaca sasaran membaca dan memahaminya.

Reklame Media Visual yaitu Poster

Contoh selanjutnya adalah poster, yaitu papan reklame yang menggunakan secarik kertas berisi gambar dan tulisan yang didesain semenarik mungkin karena akan ditempel di berbagai tempat umum yang strategis atau sering dilalui oleh masyarakat.

Baliho

Reklame adalah contoh billboard yang berisi gambar dan tulisan yang menarik dan informatif dalam ukuran besar. Biasanya reklame diletakkan pada tiang yang besar, kuat, dan semi permanen dengan letak yang strategis.

Billboard

Contoh Reklame ini mirip dengan billboard. Bedanya, billboard dipasang di atap toko atau instansi tertentu dan bersifat permanen.

Spanduk

Spanduk adalah contoh Reklame yang bentuk dan isinya mirip dengan billboard dan billboard, tetapi ukurannya lebih kecil. Pada umumnya spanduk diletakkan di dalam atau di depan ruangan dan menggunakan penyangga.

Leaflet

Contoh selanjutnya adalah leaflet, yaitu Reklame berupa lembaran kecil terlipat yang berisi informasi lengkap dan detail. Pendistribusian dilakukan di tempat yang mudah dijangkau, disalurkan, atau diberikan langsung kepada konsumen sasaran.

Baca juga : Lebih Mengenal Mengenai Desain Interior

Demikian penjelasan mengenai Reklame media visual yaitu media yang menawarkan atau mempromosikan barang dagangan atau jasa kepada masyarakat agar tertarik untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Demikian ulasan tentang Pengertian Reklame Media Visual semoga bermanfaat.

0 thoughts on “<strong>Pengertian Reklame Media Visual</strong>”

  1. Pingback: Apa Perbedaan Reklame dan Iklan? - Pabrik Display

  2. Pingback: Jasa Reklame LED Neon Box Indoor - Pabrik Display

  3. Pingback: Jasa Reklame Profesional untuk Bisnis Lokal - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top