Pabrik Display

Reklame 3D, Ini Cara Buatnya!

Reklame 3D adalah inovasi reklame yang cukup baru dalam dunia pemasaran. Jenis Reklame yang satu ini sudah digunakan dalam beberapa pemasaran yang ada di Luar negeri. Reklame ini bisa dikatakan mampu memberikan efek yang luar biasa pada brand Anda.

Baliho 3D dapat menjadi cara yang luar biasa untuk menarik perhatian, menjadi viral, dan membangkitkan minat pada produk Anda. Namun, sayangnya, Anda juga melihat banyak konten yang kurang menginspirasi atau disusun dengan buruk.

Ikutilah panduan langkah demi langkah kami untuk menciptakan papan reklame 3D terbaik. Panduan ini akan membimbing Anda melalui seluruh proses kreatif, termasuk menentukan waktu pengerjaan dan estimasi biaya papan reklame 3D.

Beragam Hal dalam Reklame 3D

Ilustrasi Reklame 3D

Baliho tiga dimensi memberikan kesan seolah-olah Anda sedang menyaksikan materi iklan dari layar digital besar. Mereka menyajikan pengalaman yang melibatkan, bukan hanya berupa tayangan pasif, sehingga menarik perhatian pejalan kaki dengan aksi yang memikat. Lokasi-lokasi dengan lalu lintas tinggi, seperti Times Square, bandara, atau jalur Las Vegas, menjadi pilihan terbaik di mana orang dapat berhenti sejenak dan menonton video iklan secara lengkap.

Meskipun papan reklame tiga dimensi telah sangat populer di negara-negara Asia seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea, belakangan ini, popularitasnya juga mulai meningkat di kota-kota seperti London dan Amerika Serikat.

1.     Bagaimana Cara Kerja Reklame 3D

Baliho tiga dimensi sebenarnya bukanlah bentuk tiga dimensi yang sesungguhnya. Secara teknis, baliho tersebut bersifat anamorfik, yang berarti mereka menggunakan distorsi yang disengaja untuk menciptakan gambar. Lensa anamorfik mengubah ukuran gambar secara tidak merata pada sumbu tegak lurusnya, sehingga menciptakan ilusi dimensi dalam gambar datar ketika dilihat dari sudut tertentu. Efek “tiga dimensi” hanya dapat terlihat ketika orang berdiri di lokasi tertentu.

2.     Berapakah Biaya Reklame 3D

Biaya papan reklame 3D jauh lebih tinggi daripada biaya papan reklame konvensional. Anda membayar tidak hanya untuk konsep-konsep kreatif yang baru tetapi juga untuk teknologi canggih yang digunakan dalam papan reklame ini, sehingga biayanya menjadi mahal. Selain itu, tingginya permintaan untuk format ini telah menyebabkan kenaikan harga dalam setahun terakhir, dan seringkali persediaan papan reklame yang habis terjual. Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi biaya papan reklame 3D Anda termasuk:

  • Studio kreatif yang bekerja sama dengan Anda dan apakah mereka memiliki pengalaman sebelumnya dalam memproduksi video semacam ini.
  • Spesifikasi teknis untuk tampilan digital di luar ruang.
  • Tingkat kompleksitas ilusi anamorfik yang diinginkan.

3.     Reklame Apa yang Digunakan dalam Reklame 3D

Papan reklame 3D umumnya ditempatkan di sudut-sudut bangunan, dengan sudut tersebut diintegrasikan ke dalam materi iklan, seperti yang terlihat dalam contoh “Resident Evil”. Vendor hanya dapat menggunakan unit digital yang memiliki kemampuan pergerakan, dan jumlahnya terbatas di setiap kota yang memiliki dimensi yang sesuai untuk membuat papan reklame. Perlu diingat bahwa papan reklame ini tidak dilengkapi dengan layar khusus apa pun; mereka mengandalkan teknik desain dan produksi.

Ilustrasi Reklame 3D

Selain itu, keselamatan harus menjadi prioritas utama: Posisi baliho harus dipilih dengan aman sehingga orang dapat berdiri dan menonton video tanpa risiko, mengingat bahwa kita tidak ingin orang berhenti di tengah jalan untuk mendapatkan sudut pandang terbaik, misalnya.

4.     Tips untuk Reklame 3D

Keberhasilan suatu kampanye selalu tergantung pada seberapa kreatifnya. Semakin inovatif konsepnya, semakin efektif hasilnya. Namun, menemukan lokasi yang strategis di mana Anda dapat menjangkau banyak orang juga akan membuat perbedaan signifikan. Beberapa tips mengenai reklame ini adalah sebagai berikut.

  • Berkomunikasi secara teratur dengan vendor atau agensi untuk memastikan penyampaian file dalam format yang tepat dan memberikan waktu yang cukup untuk proses pemasangan.
  • Perhatikan contoh papan 3D yang telah ada untuk mendapatkan inspirasi dan memahami apa yang berhasil (dan tidak).
  • Ingatlah bahwa papan ini ditujukan untuk menarik perhatian pejalan kaki, bukan pengendara kendaraan.
  • Sertakan panggilan untuk tindakan di akhir video yang mengajak orang untuk berbagi pengalaman mereka di media sosial, sehingga dapat membantu menyebarkan informasi tentang papan iklan Anda.

Baca Juga : Jenis Papan Reklame, No 2 Sering Dipakai

Dalam dunia periklanan yang terus berkembang, papan reklame 3D telah menjadi inovasi yang memikat perhatian. Dengan kemampuannya untuk menciptakan pengalaman visual yang imersif, papan reklame jenis ini akan memberikan dimensi baru pada pemandangan perkotaan. Pabrik Display adalah jasa pembuatan reklame yang bisa Anda andalkan untuk pembuatan reklame dengan desain hidup.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top