Pabrik Display

Trend Reklame Masa Kini

Trend reklame saat ini semakin menarik untuk diulik kembali. Setelah berjalan beberapa bulan di tahun 2023, saatnya Anda melihat tren-tren yang akan membentuk periklanan luar rumah tahun ini.

Januari mungkin telah melewati Anda dengan segala optimisme dan resolusi, dan sekarang Anda memasuki bulan Oktober yang lebih tenang, di mana Anda melihat lebih banyak kenangan dan fokus pada tahun yang telah berlalu.

Mirip dengan lari 100 meter, Anda ingin menjadi yang menentukan kecepatan, bukan yang berusaha mengejar. Mengadopsi ide-ide yang akan diikuti oleh orang lain akan memberikan kesan kecerdasan pada brand Anda. Jadi, apa yang diprediksi untuk tahun ini? Berikut adalah 5 trend reklame yang bisa diamati tahun 2023.

5 Trend Reklame yang Outstanding Masa Kini

1.     Iklan OOH yang terus meningkat

Penting untuk diingatkan betapa pentingnya hal ini, terutama saat media tradisional lainnya sedang mengalami penurunan. Ini mencerminkan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam dunia media.

Inilah tempat di mana keunggulan OOH terlihat. Meskipun tidak sepenuhnya digital, OOH mencakup unsur-unsur digital dan dapat dengan mudah dibagikan secara digital (seperti pertumbuhan di media sosial), memberikan pengaruh yang lebih luas selain dari sekadar tampilan awalnya.

Baca Juga : Jenis Neon Box dari Teknologi yang Digunakan

Menurut laporan dari KPMG Advisory, tingkat pertumbuhan gabungan iklan luar ruang selama lima tahun terakhir mencapai 11%, jauh melampaui pertumbuhan media tradisional lainnya. Faktanya, sektor-sektor seperti majalah dan surat kabar mengalami penurunan, bukan peningkatan.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk membuktikan efektivitasnya selain dengan menunjukkan seberapa besar kepercayaan yang diberikan oleh orang-orang di industri tersebut, dan sepertinya itulah yang sedang terjadi di sini. Pengiklan memilih untuk berinvestasi di OOH karena dianggap sebagai pemenang.

2.     Reklame digital dengan data yang minimalis

Trend Reklame
Ilustrasi Reklame Digital dengan Data Minimalis

Saat ini, keberhasilan banyak kampanye iklan didorong oleh digital out of home, atau DOOH. Menurut Asosiasi Periklanan Luar Rumah Amerika, DOOH mengalami perkembangan luar biasa, mencatat peningkatan belanja lebih dari 50% pada tahun 2022.

Pesan-pesan dinamis DOOH membawa sejumlah keuntungan. Di antaranya:

  1. Kemampuan untuk menukar materi iklan dengan satu sentuhan tombol, memungkinkan pengiklan menyampaikan pesan yang tepat waktu terkait penjualan atau acara mendatang.
  2. Kebebasan untuk berkreasi dengan presentasi dan kata-kata iklan.
  3. Kemampuan untuk mengikuti berita dan peristiwa terkini.
  4. Sebagai bentuk iklan yang mendepankan masa depan, seiring dengan segala sesuatu yang menjadi digital, terutama di era di mana ponsel pintar mengelola jadwal harian, hiburan, dan komunikasi Anda.

Namun, sebagai media yang masih relatif baru, DOOH masih menghadapi sejumlah tantangan. Pengukuran jangkauan DOOH dan kekhawatiran tentang privasi (seperti penggunaan DOOH untuk melacak ponsel cerdas) tetap menjadi hambatan dalam mengadopsi format ini.

Meskipun big data telah menimbulkan beberapa kekhawatiran, trend reklame outdoor masih menunjukkan potensi besar. Pengiklan yang bijaksana akan memanfaatkan DOOH sebagai pelengkap strategi OOH tradisional lainnya.

3.     Reklame digital dengan metode analog

Iya, Anda sering membahas format digital, tapi apakah Anda tahu? Tidak ada yang bisa menandingi atau menggantikan keefektifan metode periklanan yang paling tradisional.

Papan reklame yang kreatif, ilustrasi lucu di bangku taman, seperti reklame Wild PostingĀ® yang ditempatkan dengan strategis. Semuanya masih terus menarik perhatian seperti 10, 20, bahkan 50 tahun yang lalu.

Menarik perhatian orang adalah hal yang penting dalam periklanan luar ruang, dan orang-orang masih memperhatikan apa yang ada di sekitar mereka, tanpa peduli seberapa terikatnya mereka dengan ponsel.

Mereka memperhatikan iklan yang cerdas saat mereka berangkat kerja dengan transportasi umum, mereka melihat poster album baru yang mungkin mereka lihat sebanyak lima kali dalam satu blok.

4.     Reklame dengan Kreativitas tinggi

Trend Reklame
Reklame dengan Kreativitas Tinggi

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini generasi muda adalah penggemar terbesar akan reklame outdoor. Dengan begitu, trend reklame mulai bermunculan dengan banyak kreativitas yang diusung.

Anda tentu akan merasa senang ketika hal ini didukung oleh pemerintah atau pemerintah kota yang mendorong kreativitas. Atau, misalnya, ketika papan reklame 3D dari suatu merek di Times Square dengan tampilan yang lebih menarik dibandingkan brand lain.

Trend reklame yang semakin melaju dari tahun ke tahun perlu Anda perhatikan dengan baik. Apalagi jika ingin brand Anda sellau menjadi pusat perhatian banyak audiens. Pemilihan jasa reklame juga menjadi tolak ukur dari reklame Anda. Pabrik Display adalah jasa reklame yang sesuai dengan trend reklame saat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top