Pabrik Display

Reklame – Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Ciri- Ciri Reklame

Reklame – Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Ciri- Ciri Reklame – Apa yang dimaksud dengan reklame? Secara universal pengertian reklame adalah suatu media atau alat untuk menyampaikan data, menawarkan, mempromosikan dan menyajikan suatu produk atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Pendapat lain menjelaskan Pengertian Reklame sebagai media visual yang menggunakan gambar dan teks yang diolah sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada khalayak. Pembuatan baliho bertujuan untuk berbagi data kepada masyarakat tentang suatu objek, jasa, atau hal lainnya dengan cara yang menarik.

Secara etimologis, kata reklame tersebut diadaptasi dari bahasa Spanyol, yaitu reklamos yang artinya panggilan yang dilakukan secara berulang-ulang. Dengan kata lain, pengertian reklame adalah kegiatan mengundang orang lain secara berulang-ulang untuk mendalami isi reklame tersebut.

Pengertian Reklame dan Tujuan Reklame

Apa tujuan dari reklame tersebut? Setidaknya ada 5 tujuan pembuatan reklame. Dan berikut adalah tujuan dari reklame secara umum, diantaranya :

  • Hanya untuk menyampaikan informasi
  • Untuk menarik perhatian orang
  • Memperkenalkan produk atau layanan kepada masyarakat umum
  • Mempengaruhi warga untuk membeli produk atau jasa
  • Membangun kesan publik yang baik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Pengertian Reklame Serta Fungsi Reklame

Setelah kita membahas apa yang dimaksud dengan reklame dan tujuan reklame, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai fungsi reklame. Peranan atau juga fungsi reklame dalam perdagangan atau bisnis yaitu sebagai berikut:

Mendistribusikan data kepada masyarakat atau konsumen tentang perusahaan, produk atau barang atau jasa;

  • Mempengaruhi atau membujuk khalayak dan konsumen agar mau melakukan pembelian;
  • Menciptakan kesan tertentu tentang jasa atau juga barang yang direklamekan;
  • Memberikan kepuasan tertentu sesuai dengan keinginan konsumen;
  • Merupakan sarana komunikasi antara penjual dengan calon pembeli atau konsumen.

Agar papan reklame sesuai dengan fungsi dan tujuannya serta lebih menarik perhatian, pemilihan kata atau ungkapan yang dipertimbangkan harus ditulis dengan huruf menonjol atau tebal atau huruf timbul. Bahasa reklame harus singkat, jelas, dan menarik perhatian pembaca. Kata-kata atau gambar yang terdapat dalam reklame harus proporsional, sesuai dengan ukuran kolom reklame.

Pengertian Reklame dan Ciri- Ciri Reklame

Reklame mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan media promosi yang lainnya. Ada juga ciri-ciri reklame, yaitu sebagai berikut:

Singkat, Jelas, Dan Mudah Dipahami.

Pada umumnya reklame menggunakan kalimat yang singkat, jelas, dan mudah dipahami oleh masyarakat umum.

Menarik Dan Menyerang

Untuk menarik perhatian masyarakat umum, baliho biasanya dibuat dengan komposisi desain dan corak yang mencolok.

Jujur

Dalam hal ini, pesan yang akan disampaikan dalam reklame harus jujur dan juga tidak dibuat-buat.

Berkali-Kali

Sesuai dengan definisinya, reklame pada umumnya diinformasikan secara berulang-ulang agar lebih banyak warga yang mengenali pesan yang ingin diinformasikan.

Jenis dan Contoh Reklame

Reklame dapat dibedakan berdasarkan beberapa jenis. Adapun jenis-jenis reklame adalah sebagai berikut:

Berdasarkan Tujuan Pengadaan

Reklame Komersial; adalah jenis reklame yang dibuat untuk tujuan bisnis dimana tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Contoh; poster, spanduk, baliho, dan lain-lain. Reklame Non-Komersial; adalah jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan umum, misalnya imbauan, data layanan masyarakat, dan lain-lain. Contoh; baliho donor darah, baliho pajak, baliho ketertiban lalu lintas, dan lain-lain.

Pengertian Reklame Berdasarkan Sifatnya

Reklame Peringatan; adalah jenis reklame yang mendorong orang untuk melakukan hal-hal tertentu. Contoh; reklame peraturan lalu lintas Reklame Informasi; adalah jenis reklame yang berbagi data dengan masyarakat umum. Kemudian, data reklame tentang kesehatan. permintaan/permintaan reklame; adalah jenis reklame yang mengajak atau meminta warga untuk mengikuti ajakan/permintaan. Contoh; reklame donor darah dan juga reklame bantuan bencana alam.

Baca juga : <strong>Lebih Mengenal Tentang Apa Itu Reklame</strong>

Berdasarkan Tempat Pemasangan

Reklame Dalam Ruangan; adalah reklame yang ditempatkan di dalam ruangan. Biasanya reklame indoor berukuran kecil atau sedang dengan bahan kertas. Contoh; label, brosur, selebaran. Reklame Luar Ruang; adalah reklame yang ditempatkan di luar ruangan dan terkena sinar matahari. Biasanya reklame outdoor berukuran besar dan dibuat dengan bahan tahan air dan tahan panas matahari. Contoh; spanduk, papan nama, baliho.

Demikian ulasan tentang, Reklame – Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Ciri- Ciri Reklame. semoga bermanfaat.

0 thoughts on “Reklame – Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Ciri- Ciri Reklame”

  1. Pingback: Jasa Reklame LED Neon Box untuk Tempat Hiburan - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top