Pabrik Display

Tips Membuat Neon Box Acrylic

Tips Membuat Neon Box Acrylic – Pastinya anda telah tidak asing lagi dengan benda-benda yang berbentuk kotak yang terbentang sepanjang jalan. Anda akhirnya akan melihat dan dengan mudah menunjukkan kotak itu. Cantumkan merek atau tagline, dimana semakin banyak anda melihatnya maka akan semakin anda ingat.

Bentuknya yang sederhana memberikan keuntungan karena akan membuat brand menjadi terlihat jelas sekaligus mudah dilihat oleh siapa saja yang melewati kawasan tersebut. Sebelum mengetahui tips membuat Neon Box Acrylic, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu neon box acrylic.

Neon Box Acrylic

Permukaan neon box menggunakan bahan acrylic seperti mika yang memiliki warna bening atau putih susu, ketebalan mika sangat bervariasi mulai dari 2 mm hingga 5 mm. Cara mencetak dengan jenis neon box ini ada berbagai macam, bisa menggunakan sticker cutting atau potongan stiker, bisa menggunakan airbrush, atau printing. Secara tampilan, neon box dengan bahan acrylic merupakan media periklanan yang memadukan plastik dengan kaca.

Neon box acrylic juga memiliki karakteristik plastiknya yang memiliki sifat lentur namun bahannya kuat. Tidak hanya itu, material pada kaca juga membuat cahaya tidak tembus. Neon box acrylic kuat sehingga media iklan tidak mudah pecah. Desain yang dipasang, baik itu menggunakan teknik cutting sticker maupun printing, memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Namun jika dilihat dari performa dan tatanannya, teknik cutting sticker lebih banyak diminati dan memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Makanya banyak pebisnis yang suka memilih teknik cutting sticker.

Cara Membuat Neon Box Acrylic

Neon box acrylic memiliki keunggulan daya tahan yang lama, hal ini dikarenakan teks grafis yang sangat sederhana memiliki kekuatan yang baik yang dapat mencapai 5 sampai 7 tahun. Selain tampilannya yang glossy membuat media iklan ini terlihat elegan, penggunaan blok warna juga membantu teks tampil lebih tajam. Langkah demi langkah yang bisa diikuti cara membuat neon box acrylic ini yaitu :

  • Persiapkan desainnya
  • Penggunaan stiker khusus (bisa menggunakan merk oracal, 3m, atau ritrama) membutuhkan mesin potong, potong stiker sesuai pola desain
  • Tempel pola desain yang dipotong rapi pada permukaan acrylic
  • Pasang acrylic pada neon box
  • Umumnya digunakan pada neon box yang memiliki desain sederhana dan tidak memiliki gradasi warna, contohnya dengan desain sederhana yaitu atm bank.

Ukuran yang biasa digunakan adalah 3 mm untuk ketebalan acrylic, stiker dengan tipe tembus cahaya, tulisan pada desain memiliki tinggi 50 cm, pencahayaan menggunakan lampu led. Selain itu, elemen pelengkap seperti trafo untuk mengalirkan listrik, rangka besi stalbus dengan ukuran 2 x 2 cm. Ada juga elemen fleksibel seperti kotak panel.

Jenis Neon Box

Neon Box Acrylic

Bahan acrylic merupakan perpaduan antara bahan plastik dan mika. Menggabungkan kedua bahan ini memanfaatkan fleksibilitas, kekuatan plastik, dan kemampuan kaca untuk memungkinkan cahaya melewatinya. Bahan acrylic memiliki keunggulan dibandingkan kaca atau plastik. Hal inilah yang menyebabkan bahan acrylic lebih mahal dari kaca atau plastik.

Penggunaan desain neon box jenis ini bisa menggunakan printing atau bisa juga menggunakan stiker. Neon box dengan bahan acrylic banyak tersedia dan dijual di pasaran. Bahan acrylic tersedia dalam berbagai bahan dan ketebalan. Bahan acrylic yang sering digunakan atau yang bagus digunakan biasanya berwarna putih atau biasa disebut milk acrylic.

Neon Box Vinyl

Jenis neon box yang kedua adalah vinyl neon box. Bahan neon box ini memiliki harga yang relatif murah. Bahan vinyl berbentuk lembaran kain yang dibentuk dari bahan semi plastik. Pada umumnya banyak orang yang menyebut bahan ini fleksibel.

Bahan ini memiliki keunggulan transparan saat lampu neon menyala. Jika anda memiliki desain yang berisi gambar atau foto, sangat disarankan untuk menggunakan bahan ini. Bahan vinyl sangat bagus untuk mengaplikasikan desain dengan digital printing.

Baca juga : Kelebihan Akrilik Custom Dibandingkan Kaca

Neon Box Duratrans

Jenis neon box yang ketiga adalah neon box duratrans. Jenis neon box ini merupakan neon box yang menggunakan bahan dari merek dagang duratrans. Dari segi harga memang lebih mahal dari bahan vinyl, namun untuk konstruksi akan lebih kokoh dan kuat. Bahan ini menggunakan teknik cetak digital yang sama dengan vinyl. Dalam menggunakan rangka neon box sebaiknya menggunakan bahan yang berasal dari besi hollow. Bahan ini memiliki standar kualitas yang baik.

Demikian ulasan tentangTips Membuat Neon Box Acrylic, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top