Pabrik Display

Berbagai Jenis Dan Proses Pembuatan Neon Box

Berbagai Jenis Dan Proses Pembuatan Neon Box – Neon box merupakan salah satu media promosi outdoor yang memiliki harga bervariasi sesuai dengan jenis dan ukurannya. Meskipun berada di luar ruangan, neon box ini juga dapat diletakkan di dalam ruangan untuk memberikan kesan mewah pada interior sebuah ruangan.

Media promosi ini terlihat menarik karena menggunakan sistem pencahayaan backlight atau teknik pencahayaan dari balik cover. Teknik ini memberikan nilai tambah pada media periklanan ini. Setiap meter persegi, neon box terdiri dari 3-5 buah neon. Oleh karena itu, Pembuatan Neon Box sendiri sangat bervariasi tergantung dari bentuk dan ukurannya.

Jenis Neon Box

Neon box memiliki beberapa tipe yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Setiap jenis dan harga neon box tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum lebih jauh membahas cara membuat dan memasang neon box, sebaiknya pahami terlebih dahulu masing-masing jenis neon box, rangka dan bahan yang digunakan untuk neon box serta cara membuat neon box secara maksimal.

Neon Box Akrilik

Neon box akrilik adalah neon box yang terbuat dari kombinasi kaca dan plastik. Kaca digunakan agar lampu yang digunakan dapat menembus dari balik neon box. Sedangkan sifat plastik akrilik digunakan untuk memberi kekuatan dan kelenturan material.

Oleh karena itu bahan akrilik yang digunakan untuk membuat neon box ini tidak mudah pecah. Jenis neon box akrilik ini memiliki harga yang lebih mahal karena pengerjaannya membutuhkan teknik desain yang lebih rumit. Semakin tebal bahannya, semakin mahal harga neon box akrilik tersebut.

Pembuatan Neon Box Vinyl Atau Flexi

Neon box vinyl adalah neon box yang terbuat dari lembaran kain dari bahan semi plastik atau bahan flexi. Hal ini menyebabkan harga neon box vinyl lebih murah dibandingkan neon box akrilik. Walaupun neon box berbahan vinyl memiliki harga yang relatif murah, namun hasil produk neon box ini memiliki banyak keunggulan.

Salah satunya mudah ditembus cahaya saat lampu latar dinyalakan. Apabila bahan vinyl ini terkena cahaya dari neon box maka warnanya akan lebih terlihat. Jadi neon box ini sangat cocok untuk promosi yang memiliki persentase desain gambar atau foto yang besar.

Keuntungan lain dari neon box vinil adalah dapat dilakukan dengan menggunakan teknik cetak digital, yang lebih mudah dan lebih cepat untuk dikerjakan. Bahan vinyl atau flexi banyak tersedia di pasaran, mulai dari yang tersebar luas di pasaran seperti flexi China, flexi Korea hingga flexi Jerman.

Neon Box Duratrans

Duratrans adalah nama dagang, bukan bahan untuk membuat neon box. Duratrans biasanya diaplikasikan pada neon box yang diletakkan di dalam ruangan. Jika dipasang untuk display outdoor, pemasangan harus terlindung dari sinar matahari langsung.

Duratrans neon box ini memiliki bahan yang lebih kuat dari vinyl. Tak ayal, harga neon box duratrans lebih mahal dari neon box vinyl. Teknik pemasangan duratrans neon box menjadi lebih efisien karena bahannya yang kuat. Meski harganya cukup mahal, neon box berbahan Duratrans banyak diminati oleh konsumen karena keunggulan dan kualitasnya.

Proses Pembuatan Neon Box

Ada dua cara membuat neon box yaitu dengan menggunakan teknik akrilik dan teknik digital printing. Namun untuk Tahapan pembuatan neon box dengan teknik digital printing adalah sebagai berikut :

Pelajari Tata Letak Selesai

Perancang membuat tata letak neon box, jika tata letak yang sudah selesai dan disetujui, perancang akan menyerahkannya ke bagian produksi untuk dibuat bentuk jadi.

Pembuatan Neon Box Siapkan Bahan Dan Alat

Bahan yang digunakan adalah satu lembar flexi tipe MMT yang merupakan back light. Misalnya ukurannya yang harus disediakan berukuran 60 cm x 90 cm. Setelah itu siapkan mesin eco solvent sebagai mesin digital printing yang bisa digunakan untuk mencetak Neon Box.

Proses Printing

Prosesnya sama dengan pencetakan billboard. Lalu, lampu neon diset terlebih dahulu di tengah bingkai untuk memberikan efek backlight atau cahaya dari dalam.

Baca juga : <strong>Mengenal Lebih Dekat Dengan Pengertian Akrilik</strong>

Pemasangan Flexi Back Light Pada Media

Langkah terakhir adalah media berupa MMT tipe flexi ditempelkan pada masing-masing tepinya dengan menggunakan paku keling buta. Tepinya, termasuk bagian atas, bawah, kiri dan kanan, dilapisi dengan profil aluminium sehingga lampu neon dapat terlindung dari cuaca.

Demikian ulasan tentang Jenis Dan Proses Pembuatan Neon Box, semoga bermanfaat.

1 thought on “<strong>Berbagai</strong> <strong>Jenis Dan Proses Pembuatan Neon Box</strong>”

  1. Pingback: Perhatikan Dan Kenali Bahan Neon Box Kualitas Terbaik - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top