Pabrik Display

Kreatif, Ini Dia Kreasi Dari Akrilik

Kreatif, Ini Dia Kreasi Dari Akrilik – Banyak dari kalian yang familiar dengan istilah akrilik sebagai cat untuk melukis, namun akrilik yang dimaksud Kania saat ini adalah lembaran plastik yang menyerupai kaca yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur atau bahan bangunan.

Kreasi Dari Akrilik
Kreasi Dari Akrilik

Berbeda dengan kaca, akrilik memiliki bobot yang sangat ringan dan juga sangat tahan lama. Sifatnya yang lentur membuat akrilik tidak mudah pecah dan mudah dipotong atau dilubangi.

Namun, akrilik masih sebening kaca. Kejelasan inilah yang membuat barang-barang dekoratif yang terbuat dari akrilik terlihat gaya dan modern. Penasaran pernak pernik dekoratif apa saja yang bisa dibuat dari bahan akrilik? Berikut Kreasi Dari Akrilik yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Kreasi Dari Akrilik

Kalendar Dari Akrilik

Untuk membuat kalender atau papan jadwal dari akrilik, bahan dan alat yang perlu Anda sediakan antara lain satu lembar akrilik dengan ukuran yang sama, bor, empat sekrup, dan selotip berwarna. Sebelum Anda mengebor lubang di kedua lembaran akrilik, pertama-tama ukur keempat sisinya untuk menandai titik yang akan dibor. Biasanya lembaran akrilik yang Anda beli masih dilapisi pembungkus.

Untuk memudahkan penandaan dan pengeboran, sebaiknya jangan membuka bungkusnya terlebih dahulu. Setelah keempat sisinya dibor, saatnya Anda membuat tampilan kalender. Gunakan selotip berwarna untuk membentuk kolom tanggal dan hari.

Anda bisa mencetak huruf yang nantinya akan ditempel di kertas stiker. Langkah terakhir adalah memasang sekrup standoff ke lembaran akrilik dinding. Tempatkan mata bor di tengah sekrup penyangga, lalu pasang tutup sekrup pada akrilik dan rekatkan.

Bingkai Foto Akrilik

Bingkai foto akrilik tidak hanya bergaya, transparansi akrilik juga dapat memberikan tampilan efek mengambang pada foto atau karya seni yang Anda tampilkan di sana. Cara membingkainya sama dengan membingkai foto pada bingkai biasa, Anda hanya perlu mengganti dua lapis kaca yang digunakan untuk mengapit foto dengan dua lembar akrilik. Bingkai foto akrilik ini jauh lebih aman dan ringan sehingga mudah dipasang dan dipindahkan.

See also  Harga Jasa Potong Akrilik Laser Terjangkau

Jika Anda ingin merekatkan bingkai foto akrilik ini sebagai hiasan dinding, caranya tidak jauh berbeda dengan memasang kalender akrilik. Namun, kali ini Anda harus memastikan kedua lembaran akrilik tersebut dilubangi sejajar satu sama lain sehingga saat dipasang dengan sekrup kedua lapisan tersebut dapat sesuai dengan foto yang dipajang.

Modifikasi Nampan Akrilik

Akrilik dikenal sebagai salah satu bahan utama yang digunakan untuk berbagai wadah atau kotak penyimpanan, seperti tempat menyimpan make-up dan alat tulis. Penyimpanan akrilik juga bisa Anda modifikasi dengan kreasi Anda sendiri, seperti baki transparan ini. Tamu yang datang ke rumah Anda akan kagum jika Anda menyajikan minuman dengan nampan bergaya ini.

Cara memodifikasinya pun sangat sederhana, misalnya dengan mengukir permukaan akrilik dengan pola motif yang ingin ditampilkan. Anda hanya perlu menjiplak motif dengan pulpen ukir di permukaan baki akrilik. Atau yang paling mudah adalah melapisi bagian dalam akrilik dengan kertas kado. Jika beberapa tray akrilik ini kamu susun secara vertikal, bisa jadi rak pajangan transparan yang stylish juga lho.

Rak Tanaman Hias Dari Akrilik

Rak akrilik yang dipasang di jendela ini bisa menjadi solusi koleksi tanaman hias yang disimpan di dalam ruangan namun tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup, seperti sukulen dan kaktus. Memiliki fungsi yang sama dengan rak dinding, rak akrilik ini juga cocok untuk jendela kecil karena akrilik tidak terlalu tebal. Namun, berat yang dapat ditampungnya terbatas.

Bahan dan alat utama yang dibutuhkan dalam pembuatan rak akrilik ini adalah lembaran akrilik yang dipotong sesuai lebar jendela, braket untuk memasang akrilik, sekrup, dan selotip dua sisi. Tentukan titik-titik penempatan rak dengan membuat garis dari selotip dua sisi, lalu bor lubang pada braket dan lembaran akrilik dengan bor seukuran sekrup yang digunakan.

See also  Tips Pembuatan Gantungan Kunci Akrilik

Baca juga : <strong>Cara Membuat Huruf Timbul Dan Interior Yang Dapat Anda Coba</strong>

Pasang braket ke dinding dengan sekrup, bagian sekrup yang menonjol digunakan untuk memasang braket ke lembaran akrilik. Setelah semua lembaran akrilik terpasang, tanaman hias cantik siap dipajang di rak akrilik ini.

Demikian ulasan tentang, Kreatif, Ini Dia Kreasi Dari Akrilik. semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wa
Scroll to Top