Pabrik Display

Signage untuk Wisata : Apa Artinya Bagi Tempat Wisata?

Signage untuk Wisata menggunakan isyarat elektronik indikatif merujuk pada pemanfaatan sinyal listrik. Hal ini untuk menyampaikan informasi kepada pengunjung dengan tujuan memberikan panduan, arahan, informasi.

Serta memastikan mereka mendapatkan pengalaman terbaik selama berkunjung ke suatu destinasi wisata. Ini melibatkan penyediaan petunjuk arah, informasi interpretatif, peraturan tempat, dan elemen interaktif yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi area tersebut.

5 Contoh Signage untuk Wisata di Dunia

Time Square – New York City

Times Square, yang dikenal sebagai “Persimpangan Jalan Dunia,” merupakan suatu karya seni yang mengagumkan. Dihiasi oleh layar-layar monumental yang menjulang tinggi di jalan-jalan yang selalu ramai. Salah satu daya tarik utama di sana adalah papan reklame digital milik Spotify yang menjadi contoh nyata dari iklan digital yang disesuaikan.

Spotify cerdik dalam memanfaatkan latar belakang lalu lintas yang padat di pusat kota New York City untuk mengiklankan lagu-lagu terbaru yang sedang populer atau daftar putar yang tren, sambil memperingati keberhasilan artis dan momen budaya yang berkesan.

Piccadilly Circus – London

Signage wisata di Piccadilly Circus, London, terkenal dengan papan iklan neon yang megah dan menjadi ikon kawasan tersebut. Papan iklan ini menciptakan suasana yang ikonik dan menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Piccadilly Circus dikelilingi oleh dinding-dinding yang dipenuhi dengan tanda-tanda terang yang menciptakan tampilan spektakuler, khususnya pada malam hari.

Papan iklan ini bukan hanya sebagai media promosi, tetapi juga menciptakan atmosfer yang khas dari Piccadilly Circus. Iklan-iklan tersebut sering kali mencerminkan tren mode, produk terkini, dan informasi terkait hiburan. Wisatawan dan warga setempat seringkali berkumpul di sekitar kawasan ini untuk menikmati pemandangan yang unik dan animasi dari papan iklan yang berbeda-beda.

Selain itu, Piccadilly Circus juga dikenal dengan patung cupid yang menjadi ikonnya. Tempat ini menciptakan ruang terbuka yang ramai, di mana orang berkumpul untuk bersantai, menikmati pemandangan, dan merasakan vibrasi kota London. Papan iklan dan signage lainnya di sekitar kawasan ini juga memberikan petunjuk dan informasi kepada pengunjung terkait atraksi dan kegiatan di sekitar Piccadilly Circus.

Orlando Theme Park – Florida

Di Taman Hiburan Orlando, Florida, teknologi signage digital mutakhir digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Informasi langsung mengenai waktu tunggu perjalanan dan jadwal pertunjukan disajikan dengan jelas melalui berbagai layar, memberikan pengunjung pembaruan instan.

Kios interaktif di taman menampilkan permainan dan trivia, mengubah masa menunggu menjadi petualangan hiburan yang menarik. Menjadikan pengalaman di taman hiburan lebih dinamis dan interaktif.

Las Vegas Strip – Nevada

Di Las Vegas Strip, papan reklame digital di Bellagio Hotel and Casino menjadi contoh utama bagaimana teknologi berkontribusi pada pesona kota ini. Meskipun air mancur Bellagio memberikan gambaran awal tentang kemewahan tempat ini. Penggunaan tampilan digital di dalam dan di luar resor memberikan dimensi baru pada pengalaman tersebut.

Di dalam, tanda-tanda pintar melengkapi dekorasi, mempromosikan pertunjukan dan restoran, serta memungkinkan check-in interaktif. Sementara di luar, tampilan LED besar menarik perhatian pengunjung dengan visual resolusi tinggi, mempromosikan atraksi dan pertunjukan terkini yang menambah kegembiraan Las Vegas Strip.

Dubai Mall – UAE

Di The Dubai Mall, pengalaman berbelanja menjadi lebih menarik berkat papan reklame digital yang menyajikan direktori interaktif untuk memudahkan navigasi. Sementara itu, tampilan cerita budaya diundang untuk mendidik pengunjung tentang warisan Emirat.

Hamparan digital akuarium memberikan peluang pembelajaran yang unik mengenai kehidupan laut, sementara fasad LED Fashion Avenue menciptakan suasana di mana para pembeli dapat meresapi tren terkini dengan mendalam. Tak hanya itu, kanopi digital di area The Souk memberikan sentuhan budaya dengan pola yang terinspirasi, menciptakan harmoni antara modernitas dan tradisi di dalam mal yang megah ini.

Baca Juga : Desain Billboard Kreatif

Kesimpulan

Signage untuk wisata memiliki peran penting dalam memberikan panduan dan informasi kepada pengunjung, memastikan pengalaman kunjungan yang optimal. Melalui desain yang informatif dan kreatif, signage mencakup peta wisata, petunjuk arah, serta informasi interpretatif yang dapat meningkatkan identitas visual dan memudahkan navigasi di kawasan tersebut.

Dengan merancang sistem signage yang efektif, dapat memperkaya pengalaman wisatawan dan mendukung branding destinasi. Oleh karena itu, perencanaan signage yang baik tidak hanya berfokus pada aspek praktis pengarahan.

Tetapi, juga pada aspek estetika yang dapat memperkaya dan mempersonalisasi pengalaman pengunjung. Melalui integrasi desain identitas visual dan signage yang efektif, destinasi wisata dapat lebih menonjolkan karakter uniknya, menjadikan setiap perjalanan pengunjung menjadi lebih berkesan dan informatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top