Pabrik Display

Menu Digital Restoran : Panduan Pemesanan di Tahun 2024

Menu Digital Restoran memberikan kemudahan dengan mengurangi waktu tunggu hingga 15% dibandingkan dengan menu tradisional. Dengan pelanggan dapat langsung memesan, tingkat kepuasan meningkat, sementara kebutuhan tenaga kerja menurun. Keberlanjutan popularitas menu digital selama pandemi COVID-19 terletak pada kemampuannya mengurangi kontak antara staf dan pelanggan.

Restoran, terutama restoran cepat saji (QSR), menyadari bahwa pemesanan menu digital tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan tetapi juga mendongkrak keuntungan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi praktik terbaik pemesanan menu digital, membahas jenis menu digital yang dapat diterapkan, dan mengeksplorasi manfaat yang dapat diperoleh.

5 Tipe Menu Digital Restoran di Tahun 2024

Jika Anda ingin menggantikan halaman menu tradisional yang kurang efisien, Anda perlu mengetahui variasi menu digital yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah lima jenis menu digital yang dapat Anda pertimbangkan untuk diterapkan:

Menu statis

Menu statis adalah daftar menu yang tidak berubah atau tidak berinteraksi dengan pelanggan. Ini seringkali terdiri dari daftar makanan dan minuman dengan deskripsi dan harga, tetapi tidak memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi atau melakukan pemesanan langsung melalui menu tersebut. Dengan kata lain, menu ini bersifat tetap dan tidak memberikan opsi untuk mengkustomisasi pesanan atau berinteraksi lebih lanjut.

Menu statis mungkin hanya menampilkan informasi dasar seperti nama hidangan, gambar, dan harga tanpa kemampuan untuk mengakomodasi perubahan atau pemesanan langsung. Sebaliknya, menu yang interaktif memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan, menyesuaikan pesanan mereka, dan bahkan membayar secara langsung melalui antarmuka digital.

Pemesanan aplikasi

Pemesanan aplikasi merujuk pada penggunaan perangkat lunak atau aplikasi khusus yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan makanan dan minuman secara elektronik. Dengan menggunakan aplikasi ini, pelanggan dapat menjelajahi menu digital restoran, memilih hidangan atau minuman yang diinginkan, dan menyelesaikan proses pemesanan melalui perangkat mereka, seperti smartphone atau tablet.

Aplikasi pemesanan ini biasanya terkait dengan sistem pembayaran online, memungkinkan pelanggan untuk membayar pesanan mereka tanpa harus langsung berinteraksi dengan kasir fisik. Selain itu, beberapa aplikasi juga dapat menawarkan fitur tambahan, seperti melihat ulasan pelanggan, melacak status pesanan, atau memberikan rekomendasi makanan.

Kios swalayan

Selanjutnya adalah Kios swalayan merupakan terminal interaktif yang memungkinkan pelanggan untuk menjelajahi menu, melakukan pemesanan, dan bahkan membayar secara mandiri. Kios ini mirip dengan mesin ATM atau layar sentuh di swalayan, tetapi diarahkan untuk memfasilitasi pengalaman pesan-makan-sendiri di restoran.

Dengan menggunakan kios swalayan, pelanggan dapat melihat pilihan menu yang disajikan dengan detail. Memilih hidangan yang diinginkan, menyesuaikan komponen pesanan, dan mengonfirmasi pesanan mereka. Selain itu, kios ini juga dapat menampilkan informasi tambahan seperti gambar makanan, deskripsi, dan harga untuk membantu pelanggan membuat keputusan.

Kode QR

QR Code atau Quick Response Code, adalah bentuk matriks dua dimensi yang dapat menyimpan informasi seperti teks atau URL. Kode QR digunakan untuk memberikan akses cepat dan mudah kepada pelanggan untuk melihat menu secara digital. Pelanggan dapat memindai Kode QR menggunakan kamera ponsel cerdas mereka, dan ini akan membawa mereka langsung ke menu digital restoran melalui aplikasi atau situs web.

Penggunaan Kode QR pada menu digital restoran memiliki beberapa keuntungan. Pertama, meminimalkan kontak fisik karena pelanggan tidak perlu menyentuh menu fisik. Kedua, memungkinkan restoran untuk memperbarui menu dengan mudah tanpa perlu mencetak ulang menu kertas. Ketiga, memberikan pengalaman interaktif kepada pelanggan dengan akses langsung ke informasi tambahan seperti deskripsi hidangan, harga, dan ulasan.

Menu interaktif

Menu interaktif mengacu pada penggunaan teknologi interaktif. Khususnya kode QR atau perangkat lunak tertentu, untuk menciptakan pengalaman pesanan yang lebih dinamis dan efisien bagi pelanggan. Dengan menu interaktif, pelanggan dapat mengakses informasi tentang hidangan. Harga, dan ulasan dengan memindai kode QR menggunakan perangkat mereka, seperti ponsel pintar.

Baca Juga : Inspirasi Desain Billboard

Fitur utama dari menu interaktif melibatkan tautan langsung ke menu digital. Memungkinkan pelanggan untuk menjelajahi opsi hidangan tanpa perlu menyentuh menu fisik. Beberapa platform menu interaktif juga memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan pesanan mereka, menambah atau mengurangi komponen hidangan sesuai preferensi pribadi.

Kesimpulan

Menu digital dalam restoran telah membawa perubahan signifikan dalam pengalaman bersantap, menciptakan solusi inovatif untuk tantangan yang dihadapi industri kuliner. Dengan memanfaatkan teknologi, pelanggan dapat mengakses menu dengan cepat melalui perangkat mereka sendiri, mengurangi kontak fisik, dan memberikan kenyamanan dalam memilih hidangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top