Pabrik Display

Display Informasi Penerbangan : Cara Kerja dan Contoh Kegunaan

Display Informasi Penerbangan yang sering disebut sebagai FIDS, adalah bagian penting di bandara. Fungsinya utama adalah menampilkan informasi penerbangan secara real-time, perkiraan waktu kedatangan, menampilkan nomor gerbang, dan informasi lainnya.

Versi modern dari Sistem Tampilan Informasi Penerbangan ini juga terhubung dengan perangkat lunak Tampilan Informasi Penumpang digital. Hal ini mempermudah staf bandara dalam mengelola konten yang ditampilkan, bahkan dapat dilakukan dari jarak jauh.

Bagaimana Display Informasi Penerbangan Bekerja?

Sebuah sistem layar informasi penerbangan yang sederhana digunakan dengan antarmuka yang mengumpulkan dan menyampaikan informasi media melalui layar LED dinamis di berbagai bandara internasional. Sistem ini bermanfaat di berbagai pusat transportasi, termasuk bandara, terminal bus, dan stasiun kereta api. Cara kerja FIDS dapat dijelaskan dalam tiga tahap utama.

Pengumpulan data

Software FIDS (Flight Information Display System) untuk menampilkan informasi penerbangan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal. Sumber utama termasuk Airport Operational Database (AODB), Resource Management System, Public Transportation Data Feed, dan Alert & Warning Systems. Perangkat lunak ini berintegrasi dengan sistem manajemen melalui penggabungan data dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Distribusi

Berikutnya, operator sistem merencanakan tata letak layar FIDS dengan cermat, baik secara khusus maupun dengan menggunakan templat yang praktis, untuk mengatur, merancang, dan menghadirkan data pada monitor tampilan bandara. Vendor perangkat lunak iklan digital juga dapat menyediakan berbagai penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan bisnis unik bandara.

Selanjutnya, perangkat lunak FIDS memungkinkan otomatisasi dan penjadwalan konten pada papan pengumuman bandara. Operator sistem bandara dapat menggunakan Sistem Manajemen Konten (CMS) yang terpusat untuk melakukan pembaruan, menyusun, membuat daftar putar, atau memberikan peringatan kilat untuk berbagai jenis konten yang ditampilkan di layar.

Contoh Penggunaan Arsitektur Display Informasi Penerbangan

Beberapa bandara di berbagai penjuru dunia telah mengambil langkah mengadopsi desain FIDS yang canggih. Ayo kita telusuri beberapa contohnya:

Bandara Changi Singapura

Manajemen Bandara Changi Singapura telah merekrut tim berpengalaman untuk menerapkan pendekatan yang lebih fokus pada kebutuhan penumpang dalam penyediaan informasi penerbangan. Mereka bertujuan meningkatkan standar layanan dengan memberikan informasi yang lengkap, melibatkan, dan menghibur penumpang dengan cara yang inovatif.

Bandara Singapura telah menginstal layar LED besar untuk memberikan informasi penerbangan yang rinci kepada penumpang. Selain itu, kios papan tanda digital juga dipasang di bandara tersebut, memungkinkan penumpang mendapatkan informasi yang spesifik sesuai kebutuhan mereka.

Kios informasi penerbangan ini memberikan kemampuan bagi penumpang untuk memindai boarding pass mereka. Mendapatkan informasi tentang terminal tujuan, serta petunjuk navigasi untuk mencapainya. Penggunaan arah animasi dengan peta pencarian arah 3D menjadi salah satu inovasi yang ditampilkan untuk memberikan panduan visual yang lebih baik kepada penumpang.

Bandara Heathrow

Dengan penuh kreativitas, Bandara Heathrow merayakan Hari Star Wars pada tahun 2018 dengan menggunakan FIDS secara inovatif dan unik.

Papan informasi kedatangan dan keberangkatan bandara ditampilkan dengan jadwal penerbangan yang mengarah ke destinasi seperti Jakku, Alderaan, Death Star, dan lokasi-lokasi lain di galaksi Star Wars. Penggunaan FIDS pada saat itu tidak hanya memberikan informasi penerbangan. Tetapi, juga membawa pengalaman hiburan yang mengangkat semangat, membawa penumpang ke dalam suasana galaksi Star Wars.

Jika Anda melihat layar bandara tersebut, Anda pasti akan merasakan kegembiraan dan daya tarik yang melampaui imajinasi biasa, menciptakan momen yang menghibur dan unik bagi para penumpang.

Bandara Dubai

Dengan mengubah sistem konvensional, Bandara Dubai mengadopsi solusi Flight Information Display System (FIDS) berbasis cloud yang inovati. Diprogram dengan teknologi System-on-Chip (SoC) untuk memberikan pengalaman unik kepada penumpang.

Baca Juga : Digital Signage pada Ritel, Apa Keuntungannya?

Sistem layar informasi penerbangan terbaru di Bandara Dubai memudahkan operasional melalui browser internet tanpa memerlukan instalasi perangkat lunak lokal. Tim dapat memilih berbagai tata letak layar dan mengatur konten khusus untuk zona-zona berbeda dalam tata letak tersebut. Bahkan menampilkan beberapa konten secara simultan.

Dengan menggunakan perangkat lunak berbasis cloud, semua pengelolaan dapat dilakukan dari lokasi terpencil melalui berbagai perangkat. Implementasi sistem baru yang ramah pengguna ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga meningkatkan pengalaman penumpang secara keseluruhan.

Kesimpulan

Perjalanan dari saat tiba di bandara hingga naik pesawat kembali seharusnya menjadi pengalaman yang tidak menakutkan bagi para traveler. Dengan adanya informasi yang mudah diakses, penumpang dapat merasa lebih nyaman. Dalam upaya terus meningkatkan pengalaman perjalanan, bandara menemukan solusi baru dengan memperkenalkan FIDS sebagai terobosan terkini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top