Pabrik Display

Syarat Jasa Reklame, Apa Saja?

Syarat jasa reklame adalah salah satu hal yang harus diperhatikan jika berkaitan dengan jasa reklame. Apalagi hal ini berkaitan dengan jenis produk pada bidang periklanan atau pemasaran. Jasa reklame adalah kunci untuk meningkatkan eksposur dan mendapatkan perhatian yang layak untuk bisnis Anda. Namun, sebelum memulai perjalanan visual yang mencolok, ada beberapa syarat yang perlu dipahami dengan baik.

Dengan memahami syarat-syarat ini, kita dapat menciptakan kampanye reklame yang tidak hanya mencuri perhatian, tetapi juga memberikan dampak positif jangka panjang pada bisnis reklame. Tak hanya itu, dengan mengetahui apakah jasa reklame tersebut sudah memenuhi suarat, Anda bisa dnegan mudah mengetahui apakah perusahaan reklame tersebut layak untuk dipilih.

3 Syarat Jasa Reklame

Dalam jasa reklame, terdapat beberapa syarat-syarat jasa reklame yang bisa secara umum Anda perhatikan secara mendalam. Beberapa syarat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Ukuran dan Dimensi Reklame

Peraturan zonasi adalah aturan di tingkat daerah yang mengatur cara kita menggunakan lahan di seluruh negara. Dalam hal papan reklame luar ruangan, salah satu persyaratan utamanya adalah ukuran dan pengukuran. Ini dilakukan agar pemerintah negara bagian bisa mengontrol ukuran standar maksimum dengan baik.

Secara umum, ukuran papan reklame di tingkat nasional tidak melebihi nilai tertentu, yaitu tinggi 14 kaki dan panjang 40 kaki. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan mekanis dan visual di jalan-jalan utama yang sangat sibuk.

Biasanya, papan reklame digital dan cetak mengikuti standar industri dengan ukuran tinggi 14 kaki dan lebar 48 kaki. Namun, ada beberapa papan yang lebih besar, mencapai lebar 60 kaki. Jadi, penting untuk tahu ukuran papan di lokasi tempat papan reklame Anda akan ditampilkan sebelum mencetak iklan.

Papan reklame terbesar biasanya ditempatkan di persimpangan jalan raya utama atau di sepanjang jalan raya di daerah bisnis yang padat penduduk. Beberapa papan reklame juga bisa memiliki ekstensi di atasnya, menambahkan lebih dari 5 kaki ke bagian atas papan.

2. Regulasi Konten

Syarat Jasa Reklame
Unsplash.com/Mathias_Reding

Konten visual di papan reklame memiliki kebebasan yang sangat besar. Ini disebabkan oleh kurangnya batasan karena aturan di dalamnya cenderung bertentangan dengan kebebasan berekspresi. Sehingga, para pengusaha dapat dengan leluasa menyampaikan pesan yang paling cocok untuk menarik perhatian target audiens mereka.

Satu-satunya syarat terkait konten papan reklame luar ruangan adalah terkait dengan aspek tampilan listrik. National Highway Association, sejak tahun 2007, telah menetapkan pedoman khusus untuk aspek ini. Menurut pedoman tersebut, durasi iklan listrik tidak boleh melebihi rentang waktu antara 4 hingga 10 detik. Izin promosi sangat krusial dalam persyaratan papan reklame luar ruangan ini. Dalam beberapa kasus, jenis papan reklame tertentu diizinkan untuk ditampilkan hanya dalam beberapa hari tertentu di negara bagian tertentu.

Baca juga : Cara Pakai Jasa Neon Box

Jenis-jenis izin tersebut termasuk papan reklame untuk acara khusus, pertanian, atau iklan lokasi, masing-masing memiliki pedoman spesifik tentang konsistensi pesan dan durasi waktu agar terhindar dari denda dan penalti. Oleh karena itu, semua ini perlu dipertimbangkan oleh pengusaha saat merancang strategi pemasaran promosi mereka.

3. Regulasi dan elemen lokasi

Sebagai aturan umum, persyaratan untuk papan reklame luar ruangan di Indonesia didasarkan pada regulasi dan perundang-undangan yang berlaku. Untuk mencapai ini, pengukuran tertentu dapat digunakan untuk mengukur batas kontur jalan raya yang sibuk, sesuai dengan ketentuan lokal.

Syarat Jasa Reklame
Unsplash.com/Logan_Easterning

Melanggar persyaratan papan reklame luar ruangan bisa dianggap sebagai pelanggaran, dan tindakan pengawasan bisa diimplementasikan oleh pihak berwenang setempat. Dalam beberapa kasus, pelanggaran dapat mengakibatkan denda yang dikenakan oleh pemerintah daerah tanpa perlu melalui proses hukum yang panjang.

4. Spesifikasi Desain

Spesifikasi desain untuk papan reklame cetak dapat bervariasi tergantung pada ukuran akhirnya, tetapi secara umum, biasanya perlu menambahkan 6 inci di setiap sisi ke total area cetak. Ruang tambahan ini diperlukan untuk keperluan pencetakan dan pemasangan.

Biasanya, proses pencetakan iklan pada vinyl oleh printer memerlukan beberapa minggu, setelah itu Anda perlu mempertimbangkan waktu pengiriman hasil cetakan akhir ke perusahaan instalasi.

Untuk iklan digital, prosesnya lebih sederhana. Anda hanya perlu mengirimkan gambar digital akhir dengan dimensi tinggi 400 piksel dan lebar 1.400 piksel. Dalam format merah-hijau-biru (RGB) melalui email dengan resolusi 72 titik per inci ke jaringan yang mengelola papan buletin.

Syarat jasa reklame adalah fondasi penting untuk memastikan kesuksesan kampanye promosi Anda. Dari kebutuhan bisnis hingga perencanaan kreatif. Setiap langkah memiliki peran kunci dalam membentuk citra yang kuat dan efektif. Ingin mencari jasa reklame yang memenuhi syarat? Pabrik Display bisa jadi pilihan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top