Pabrik Display

Apa Perbedaan Reklame dan Iklan?

Apa Perbedaan Reklame dan Iklan? – Reklame adalah media atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, dan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik kepada publik.

Pembuatan Reklame bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang suatu barang, jasa, atau hal lainnya dengan cara yang menarik. Berikut dibawah ini Perbedaan Reklame dan Iklan?

Apa Perbedaan Reklame dan Iklan?

Mungkin masih banyak dari anda yang menganggap reklame adalah satu kesatuan yang sama. Padahal, iklan dan Reklame adalah dua hal yang berbeda. Yang membedakan iklan dan iklan itu sendiri adalah konten di dalamnya. Jika dilihat dari bentuknya, iklan memiliki bentuk penyampaian teks yang lebih panjang dan detail terkait barang atau jasa yang dipromosikannya. Sedangkan iklan cenderung singkat dan persuasif.

Umumnya iklan dapat berbentuk beberapa kata atau kalimat dan dapat berupa artikel dengan berbagai pilihan media, seperti media cetak, media elektronik dan media sosial. Sedangkan untuk iklan, memiliki kalimat yang lebih pendek. Pilihan media juga tidak banyak, biasanya billboard berupa poster, spanduk atau baliho yang diletakkan di tempat terbuka agar mudah dilihat oleh masyarakat. Seiring berjalannya waktu, kini billboard juga dapat ditemui di media digital seperti megatron, videotron atau LED.

Jenis – Jenis Reklame

Singkatnya, Reklame adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara singkat kepada banyak orang secara berkesinambungan, baik menggunakan teks, audio maupun visual (gambar). Jika dilihat secara umum, reklame terbagi menjadi dua jenis, yaitu reklame komersial dan reklame non komersial. Adapun untuk informasi lebih lengkapnya akan diuraikan di bawah ini.

Reklame Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang dibuat dengan tujuan untuk dapat memperoleh keuntungan dari barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Umumnya jenis iklan komersial ini banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Iklan jenis ini biasanya menggunakan gambar dan kata-kata yang singkat, unik, dan jelas untuk mengajak masyarakat umum agar tertarik menggunakan produk atau jasa yang dicantumkan.

Reklame Non Komersial

Iklan nonkomersial adalah iklan yang dibuat dengan informasi tentang pelayanan kepada publik (public sign). Umumnya iklan jenis ini dibuat untuk tujuan non-komersial. Misalnya seperti berisi ajakan, himbauan, bahkan informasi tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan kepentingan umum.

Biasanya, Reklame nonkomersial dipasang oleh instansi untuk mengajak masyarakat mengikuti program pemerintah. Dengan kalimat yang persuasif, singkat dan jelas, pesan tentang program pemerintah dapat tersampaikan dengan baik.

Contoh Reklame

Selain dua jenis iklan sebelumnya, ada berbagai jenis iklan yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan. Perlu diketahui bahwa dalam hal pembuatannya, baliho harus memiliki beberapa unsur seperti singkat, padat dan jelas. Berikut contoh Reklame yang sering Anda jumpai saat ini:

Spanduk

Spanduk adalah papan reklame yang umumnya dibuat di atas media kain atau sejenisnya yang membentang dan memiliki ukuran yang besar. Anda bisa menemukan spanduk di berbagai tempat strategis di kota Anda. Umumnya ukuran banner ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Brosur

Brosur merupakan salah satu jenis iklan yang paling sering digunakan oleh perusahaan. Merupakan iklan yang dibuat pada selembar kertas, brosur mampu memberikan informasi detail mengenai produk dan jasa yang ingin Anda promosikan. Tidak hanya itu, brosur juga bisa memuat informasi terkait harga suatu produk secara langsung.

Poster

Poster berupa lembaran-lembaran kertas berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin. Biasanya poster diletakkan di tempat-tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat umum. Poster umumnya berisi iklan komersial hingga iklan layanan masyarakat.

Baca juga : <strong>Pengertian Reklame Media Visual</strong>

Baliho

Jenis iklan ini memuat gambar/tulisan yang menarik dan informatif dalam ukuran besar. Umumnya reklame ditempatkan di tempat-tempat umum dan strategis dengan tiang besar dan kuat sebagai penopang. Reklame biasanya disewakan kepada para pemasang iklan agar dapat memasang iklannya di tempat yang mudah dilihat oleh masyarakat umum.

Demikian ulasan tentang, Apa Perbedaan Reklame dan Iklan?. semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Apa Perbedaan Reklame dan Iklan?”

  1. Pingback: Jasa Reklame LED Neon Box untuk Tempat Olahraga - Pabrik Display

  2. Pingback: Jasa Reklame LED Neon Box di Dekat Sini - Pabrik Display

  3. Pingback: Jasa Reklame LED Neon Box dengan Garansi - Pabrik Display

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top