Pabrik Display

Display Digital Ritel : Panduang Lengkap Tahun 2024

Display Digital Ritel, di era digital menjadi elemen krusial dalam strategi pemasaran ritel. Display digital, seperti yang digunakan dalam digital signage, memungkinkan perusahaan ritel untuk menciptakan pesan promosi dengan visual yang luar biasa.

Hal ini sejalan dengan praktik visual merchandising, yang merupakan seni mengatur dan menampilkan produk di ruang ritel untuk menyoroti produk dan fitur-fiturnya. Penelitian bahkan membahas optimasi alokasi ruang produk pada rak display gerai ritel grocery

Tipe-tipe Display Digital Ritel di Tahun 2024

Label Rak Elektronik atau ESL

Label Rak Elektronik atau ESL adalah tampilan elektronik yang menggantikan label kertas dan stiker tradisional di rak-rak toko. Sistem ini digunakan di toko ritel untuk menampilkan informasi harga dan detail produk secara digital. ESL terdiri dari layar elektronik yang terhubung ke sistem manajemen toko.

ESL biasanya ditempatkan di depan rak di toko dan dapat terhubung langsung dengan sistem ERP atau Enterprise Resource Planning dan POS atau Point of Sale toko. Ini memungkinkan pembaruan harga secara otomatis dan instan, mengurangi kebutuhan untuk mengganti label secara manual. Dengan integrasi mudah ke perangkat lunak manajemen toko, solusi ESL, seperti yang ditawarkan oleh Panasonic, memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam manajemen harga

Display dengan Augmented Reality

Augmented Reality atau AR merupakan teknologi yang memadukan dunia nyata dengan elemen-elemen virtual, menciptakan pengalaman gabungan yang kaya dan interaktif. Dalam konteks display dengan AR, ini melibatkan proyeksi objek atau informasi virtual ke dunia nyata.

Contoh penggunaan AR termasuk gadget AR yang memungkinkan pengguna melihat gambar secara virtual melalui cermin. Selain itu, aplikasi pembelajaran menggunakan AR untuk menampilkan kerangka manusia dalam bentuk 3D secara virtual, membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik.

Display LED Ticker

Display LED Ticker adalah media tampilan digital yang menggunakan teknologi Light-Emitting Diode atau LED untuk menampilkan teks atau informasi bergerak. Ticker LED umumnya menampilkan baris teks berjalan secara horizontal, mirip dengan running text atau berita yang berjalan di stasiun berita.

Dibandingkan dengan video display, LED Ticker lebih fokus pada penampilan teks yang bergerak, membuatnya ideal untuk menampilkan informasi berita terbaru, perubahan harga saham, atau pesan berjalan lainnya. Misalnya, pada bursa saham, LED Ticker sering digunakan untuk menampilkan perubahan harga saham secara real-time.

Baca Juga : Outdoor Digital Signage Bisa Tetap Dingin, Apakah Bisa?

Display QR Code

Display QR Code adalah cara efektif untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mudah. QR Code atau Quick Response Code adalah bentuk barcode dua dimensi yang dapat dibaca menggunakan kamera ponsel pintar. Ketika QR Code dipindai, mengarahkan pengguna ke informasi yang terkait.

Penggunaan QR Code untuk bahasa, seperti QR Code for Language, membantu bisnis terhubung dengan audiens yang beragam dan multinasional. QR Code dapat mendeteksi bahasa yang digunakan oleh perangkat pengguna, memungkinkan penyampaian informasi dalam bahasa yang sesuai.

Cara kerja QR Code sangat sederhana. Pengguna cukup mengarahkan kamera ponsel mereka ke QR Code, dan informasi atau tautan terkait akan muncul di perangkat mereka. Ini membuka peluang untuk komunikasi global yang lebih lancar dan memosting informasi secara instan.

Display Layar Sentuh Interaktif

Display Layar Sentuh Interaktif, atau sering disebut dengan nama Layar Sentuh atau Touch Screen, adalah jenis tampilan komputer yang peka terhadap sentuhan. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan perangkat elektronik dengan menyentuh layar menggunakan jari atau alat penunjuk lainnya.

Keunggulan dari Layar Sentuh Interaktif antara lain:

  1. Interaksi Langsung: Pengguna dapat berinteraksi langsung dengan perangkat tanpa perlu menggunakan perangkat input tambahan seperti mouse atau keyboard.
  2. Meningkatkan Keterlibatan: Dengan memungkinkan sentuhan langsung, Layar Sentuh Interaktif dapat meningkatkan keterlibatan pengguna, baik dalam presentasi, acara, atau pameran.
  3. Fleksibilitas Penggunaan: Cocok untuk berbagai aplikasi, mulai dari papan tulis interaktif di kelas hingga display interaktif di pusat perbelanjaan atau museum.
  4. Inovasi Teknologi: Terdapat berbagai inovasi seperti overlay peka sentuhan yang memungkinkan mengubah jendela biasa menjadi layar sentuh interaktif.

Kesimpulan

Dengan semakin majunya teknologi, penggunaan display digital ritel dalam manajemen ritel menjadi kunci sukses bagi perusahaan. Display digital tidak hanya memperkaya pengalaman konsumen melalui visual yang menarik, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengelola tampilan produk.

Penelitian menunjukkan bahwa tata letak dan display produk secara langsung mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di toko ritel. Oleh karena itu, manajemen ritel yang efektif harus mempertimbangkan implementasi display digital dengan bijak, memastikan penempatan produk yang strategis dan presentasi yang menarik bagi pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top