Pabrik Display

Fungsi Reklame dan Cara Pembuatan Reklame

Fungsi Reklame dan Cara Pembuatan Reklame – Promosi merupakan strategi penjualan produk yang sudah tidak asing lagi. Banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukan promosi, salah satunya melalui Reklame. Lalu, apa itu Reklame? Mungkin saat berkendara di jalan raya Anda sering menjumpai gambar berukuran besar berupa poster, papan nama, dan sebagainya. Nah, itulah yang disebut Reklame.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Fungsi Reklame merupakan sarana promosi produk yang dapat berupa baliho, poster, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, pengertian Reklame adalah suatu media atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi, menawarkan dan memperkenalkannya kepada masyarakat dalam bentuk gambar dan kata-kata tentang suatu produk atau jasa.

Karena memiliki tujuan sebagai sarana promosi, maka kata-kata yang tertera pada baliho biasanya bersifat persuasif atau mengajak. Tidak hanya menarik untuk dilihat atau dibaca, Reklame yang baik juga harus mampu menggerakkan keinginan masyarakat untuk membeli apa yang ditawarkan. Reklame ini bisa Anda temukan di berbagai tempat umum, seperti jalan raya hingga mall.

Apa Fungsi Reklame?

Dilihat dari pengertiannya, mungkin Anda sudah bisa memahami fungsi dari billboard yaitu media promosi. Selain itu, ternyata ada fungsi Reklame lainnya yang harus Anda ketahui. Secara rinci, fungsi penempatan atau penyebaran Reklame sebagai media promosi meliputi:

  • Sebagai alat komunikasi yang menghubungkan penjual dengan calon pembeli.
  • Memberikan informasi tentang perusahaan dan produk kepada masyarakat atau konsumen.
  • Mempengaruhi khalayak sehingga muncul keinginan untuk membeli produk yang dipromosikan.
  • Memberikan kesan tertentu tentang produk yang dipromosikan dalam Reklame.

Dari fungsi diatas dapat disimpulkan bahwa Reklame memiliki fungsi yang sangat penting bagi perusahaan dan mungkin juga konsumen yang membutuhkannya. Anda mungkin menginginkan informasi terbaru tentang suatu produk, jadi mungkin Anda memerlukan Reklame ini.

Cara Pembuatan Reklame

Pembuatan baliho membutuhkan penyajian tata letak atau gambar dan bahasa yang menarik, sederhana dan mencolok. Saat ini billboard banyak dibuat dengan menggunakan cara  digital dengan menggunakan software atau aplikasi seperti CorelDraw, Photopaint, Photoshop, Adobe Illustrator, Paint, dan software lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selain cara  digital, ada juga cara  manual yaitu dengan cara tradisional atau manual. Seniman harus menggambar di media yang diinginkan. Dalam cara  ini seniman harus memiliki kepekaan estetik yang baik, menguasai unsur-unsur seni rupa, memiliki prinsip-prinsip seni rupa, serta memahami fungsi dan tujuan penciptaannya. Berikut ini adalah beberapa cara  dalam membuat Reklame:

Semprot

Cara  ini dilakukan dengan cara mengecat dengan cara menyemprotkan bahan cat air menggunakan sprayer. Penggunaan cara  ini harus hati-hati untuk setiap titik pengecatan. Contoh cara  spray painting adalah dalam bentuk gambar poster.

Pencetakan Filter

Cara  sablon adalah cara  pembuatan gambar dengan menggunakan kain screen atau cetakan. Screen adalah istilah sablon untuk memperbanyak atau menggandakan suatu gambar dengan jumlah tertentu dengan kualitas yang sama.

Kolase

Cara  melukis ini dilakukan dengan memotong kertas menjadi potongan-potongan kecil, kemudian potongan kertas tersebut ditempelkan pada area lukisan hingga membentuk sebuah lukisan.

Digital

Cara  digital adalah cara  menggambar dengan menggunakan teknologi komputer yang biasa dikenal dengan desain grafis. Membuat Reklame dengan cara  digital menggunakan aplikasi atau software tertentu. Keuntungan mendesain Reklame digital adalah Anda dapat menyesuaikan keakuratan ukuran, warna, bentuk, dan kualitas visual.

Aquarell

Cara  Aquarell ini menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas, kain dan bidang lainnya. Jika menggunakan area gambar kertas, Anda bisa menggunakan cat air, tinta bak, dan cat poster. Hasil dari cara  ini adalah gambar transparan karena menggunakan sapuan tipis saat menggores kuas.

Pointillisme

Cara  pointilisme adalah cara  melukis atau menggambar dengan menggunakan titik-titik untuk membentuk objek.

Shading

Cara  ini dibuat dengan menorehkan spidol, tinta, pensil, atau alat lain yang berbentuk garis-garis berulang sehingga menimbulkan kesan gradasi atau terang dan gelap.

Silhouette

Cara  siluet ini dilakukan dengan menutupi objek gambar menggunakan satu warna sehingga memberikan kesan siluet.

Baca juga : <strong>Apa Yang Dimaksud Dengan Pajak Reklame?</strong>

Plakat

Cara  Plakat adalah cara menggambar dengan menggunakan cat air atau cat poster dengan sapuan warna yang tebal sehingga menghasilkan warna yang tampak pekat dan rapat.

Demikian ulasan tentangFungsi Reklame dan Cara Pembuatan Reklame, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top