Pabrik Display

Ini Dia Pembuatan Akrilik Custom Yang Mudah

Ini Dia Pembuatan Akrilik Custom Yang Mudah – Kerajinan saat ini mengalami perkembangan pesat. Bahan yang digunakan tidak hanya sebatas itu saja, tetapi banyak jenisnya. Yang sedang trend saat ini adalah berkreasi menggunakan Akrilik Custom.

Dalam dunia kerajinan, Akrilik Custom sering digunakan sebagai pelapis bahan atau barang lainnya. Tak hanya sebagai bahan pendukung, kini Pembuatan Akrilik Custom bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan. Proses pembuatan Akrilik Custom cukup mudah dan bisa dipraktekkan di rumah.

Kerajinan Akrilik Custom saat ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Jika Anda ingin mencoba membuat Akrilik Custom Anda bisa mempelajarinya melalui berbagai jejaring sosial. Namun, sebelum mempelajari proses pembuatan kerajinan tangan, ada baiknya Anda memahami hal-hal berikut ini:

Apa Itu Akrilik?

Pengertian akrilik adalah bahan plastik polimer yang menyerupai kaca, sehingga sering digunakan sebagai pengganti kaca. Akrilik memiliki kejernihan yang lebih baik dan ukurannya juga lebih ringan dari kaca. Keunggulan tersebut membuat akrilik menjadi salah satu bahan pilihan pengganti kaca. Material ini juga dapat dibentuk lebih mudah jika dibandingkan dengan kaca.

Harga yang lebih terjangkau juga menjadi pertimbangan banyak orang. Selain itu, akrilik memiliki ketahanan fisik yang baik sehingga dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Warnanya akan tetap sama seperti sebelumnya meski terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

Jenis Akrilik

Pada umumnya akrilik yang beredar di pasaran memiliki beberapa jenis yang berbeda. Akrilik dibagi menurut bentuk dan karakter yang dimilikinya. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebutuhan masing-masing.

Ekstrusi Akrilik

Jenis akrilik ini dibuat dengan dasar plastik cair yang berubah menjadi lembaran akrilik saat bahannya mendingin. Selain dibuat dengan mesin, akrilik jenis ini juga membutuhkan kemampuan pekerja dalam pengerjaannya. Hal ini menyebabkan harganya lebih murah dibandingkan dengan akrilik cetak atau akrilik cor.

Meski harganya murah, kualitas ekstrusi akrilik sangat bagus. Akrilik ini memiliki tekstur yang lembut, namun mudah tergores dan terkena kotoran. Untuk alasan ini, akrilik ekstrusi paling sering digunakan untuk membuat pajangan, tanda, dll.

Akrilik Cetak

Akrilik cetak jenis ini dibuat dengan cara menekan plastik cair di dalam cetakan yang nantinya akan melalui proses pemanasan bertahap. Cairan plastik yang digunakan memiliki beberapa campuran bahan lain di dalamnya. Dengan harga yang lebih mahal dari akrilik ekstrusi, akrilik cetak memiliki kualitas yang lebih baik. Akrilik juga lebih kuat sehingga bisa digunakan untuk membuat berbagai benda.

Proses Pembuatan Akrilik Custom Yang Mudah

Karakteristiknya yang unggul membuat Akrilik Custom banyak digunakan dalam berbagai hal, salah satunya kerajinan. Berikut contoh beberapa kerajinan dan proses pembuatan kerajinan dari Akrilik Custom yang bisa Anda praktekkan:

Membuat Bunga Tulip Akrilik Custom

Untuk membuat bunga dari Akrilik Custom, bahan dan peralatan harus disiapkan. Diantaranya adalah :

·         Alat : tang jepit, tang potong, gunting.

·         Bahan : monte Akrilik Custom, kawat, dan Gunakan tali untuk membuat rangkaian bunga dan ikatkan pada kawat yang dijadikan sebagai batangnya.

Kalender Akrilik Kustom

Pembuatan kalender dengan Akrilik Custom membutuhkan bahan utama yaitu Akrilik Custom dengan alat lain yaitu bor, empat buah untuk skrup. Proses pembuatan Akrilik Custom ini adalah melubangi keempat sisi Akrilik Custom dengan bor kemudian mendesain kalender menggunakan selotip warna warni membentuk kolom hari dan tanggal. Anda juga bisa mencetak huruf timbul yang akan ditempel. Setelah desain Anda siap, pasang saja sekrup penyangga di keempat sisinya dan tempelkan ke dinding.

Modifikasi Nampan Untuk Pembuatan Akrilik Custom

Sifatnya yang transparan membuat Akrilik Custom banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan wadah atau tempat penyimpanan. Nah, untuk itu kamu juga bisa menggunakannya sebagai tray transparan dengan sedikit modifikasi. Proses pembuatan kerajinan ini juga sangat mudah. Cukup grafir Akrilik Custom dengan motif yang diinginkan dengan menggunakan engraver pen pada permukaannya. Yang lebih mudah adalah melapisinya dengan kertas pola warna-warni.

Baca juga : Apa Itu Akrilik Lembaran?

Bingkai Foto

Membuat rak foto cukup mudah. Sama seperti menggunakan bingkai pada umumnya, namun menggunakan Akrilik Custom dapat memberikan efek floating pada foto yang Anda tampilkan. Caranya mudah cukup menjepit foto yang ingin dipajang dengan dua Akrilik Custom seperti pada bingkai pada umumnya. Kemudian, tempelkan di dinding.

Demikian ulasan tentang Ini Dia Pembuatan Akrilik Custom Yang Mudah, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top